Informasi Media

Pusat Informasi dan Berita KA

Mitra Binaan PT KAI Ikuti Malang Potenda Expo 2012

Tanggal Publish : 07 Dec 2012 17:21:56

Mitra binaan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) yang berasal dari daerah Jember ambil bagian dalam acara pameran perdagangan, kerajinan, investasi, dan seni budaya Indonesia yang bertajuk Malang Potensi Daerah (Potenda) Expo 2012. Acara yang dihelat untuk kali pertama ini diselenggarakan di pelataran parkir Mall Olympic Garden, Malang. Berbagai hasil kerajinan maupun potensi sumber daya alam dari sejumlah kawasan di Indonesia dipamerkan dalam event yang berlangsung antara 5 - 9 Desember 2012.

Walikota Malang, Drs Peni Suparto sedang memukul gong pada pembukaan Malang Potenda Expo 2012

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta mengajak masyarakat untuk mencintai dan menggunakan produk dalam negeri. Selain itu juga sebagai ajang untuk meningkatkan peluang usaha bagi pengusaha kecil dan menengah. Pembukaan Malang Potenda Expo 2012 dihadiri oleh Walikota Malang, Drs. Peni Suparto, yang melakukan pemukulan gong sebagai tanda dibukanya acara ini. Hujan deras yang mengguyur kota Malang tidak menyurutkan animo peserta maupun masyarakat untuk memeriahkan acara yang diprakarsai oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang itu.

Dua mitra binaan PT KAI yang ikut serta dalam pameran kali ini berasal dari Jember yakni Batik Amanda dan Hin's Collection. Produk unggulan yang mereka pamerkan yakni kain batik bermotif khas hasil perkebunan daerah Jember (seperti motif tembakau, cengkeh, cocoa, buah naga, dan lokomotif), pernak-pernik seperti kalung, gelang yang terbuat dari kerang, pakaian dan sepatu untuk wanita, hingga camilan khas Jember. Mitra binaan PT KAI di daerah Jember ini adalah mitra binaan yang terkelola dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari peran Sri Semediati sebagai pembina para mitra binaan PT KAI untuk Daerah Operasi (Daop) 9 Jember.

Walikota Malang, Drs Peni Suparto sedang mengisi buku tamu di stand mitra binaan PT KAI

Sri Semediati, yang juga merupakan Junior Manager Penagihan Daop 9 Jember mengakui dirinya senang dipercaya sebagai pembina para mitra binaan. Dengan tugas ini dirinya mendapat kepuasan sosial, karena bisa berinteraksi dengan banyak orang. Selain itu dia mempunyai tujuan untuk memasarkan kerajinan khas Jember serta mengenalkan perusahaan (PT KAI) kepada masyarakat. Dia juga yang mempunyai ide untuk membuat kain batik bermotif lokomotif.

Keikutsertaan mitra binaan PT KAI dalam Malang Potenda Expo 2012 ini merupakan komitmen perusahaan, dalam hal ini unit CSR, untuk ikut serta dalam memajukan kesejahteraan masyarakat. Seperti yang dikatakan oleh Vice President (VP) CSR PT KAI, M. Pakih Fazarun, "Bahwa ini merupakan tanggung jawab sosial perusahaan. Perusahaan tidak semata hanya mementingkan kepentingan bisnis/komersial saja namun juga harus memperhatikan kepentingan sosial, terutama di daerah sekitar aktivitas perusahaan berada."

VP CSR M. Pakih Fazarun dan para pegawai dari jajaran CSR berfoto bersama di depan stand mitra binaan PT KAI

Lebih lanjut Pakih menjelaskan sampai triwulan ketiga terdapat 1.076 mitra binaan PT KAI yang tersebar di seluruh wilayah kerja PT KAI. Keseluruh mitra binaan PT KAI tentunya telah memenuhi tiga tahapan yang ditetapkan sebagai syarat yakni: tahapan layak bina, layak usaha, dan layak komersial. Pihaknya menyambut baik dengan keikutsertaan mitra binaan dalam ajang seperti ini karena pameran ini merupakan salah satu media untuk mempromosikan produk mitra binaan kita. Hal ini tentunya tidak lepas dari keinginan perusahaan yang tidak hanya memberikan bantuan modal saja namun juga membantu dalam hal pengembangan dan pemasaran produk mitra binaannya. (Humaska)

TOP