Informasi Media

Pusat Informasi dan Berita KA

PERGANTIAN SISTEM TIKET KA EKONOMI

Tanggal Publish : 03 May 2012 12:06:29

Dalam upaya meningkatkan layanan bagi penumpang KA klas ekonomi Jarak Jauh, PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) melakukan perubahan Sistem Ticketing lama dengan Sistem Ticketing baru yang berbasis internet, mobile, mesin tiket yang terintegrasi dengan perbankkan. Hal ini telah dilakukan dan berhasil dengan baik pada Sistem Ticketing Klas Komersial dan Ekonomi AC. Selain itu dengan sistem yang baru ini dimungkinkan akan dikembangkan penerapan barcode pada tiket kereta api.

Adapun perubahan tersebut akan dilaksanakan 4 (empat) tahap yaitu :

Tahap I, akan dimulai pada tanggal 9 Mei 2012 untuk kereta api kelas ekonomi KA Kertajaya (Tanjungpriuk - Surabaya Pasarturi), KA Tawangjaya (Semarang Poncol - Pasar Senen) dan KA Tegal Arum (Jakarta - Tegal).

Tahap II, direncanakan akan dimulai pada tanggal 15 Mei 2012 berlaku untuk KA Pasundan (Surabaya Gubeng - Kiaracondong), KA Kahuripan (Kediri - Padalarang), KA Kutojaya Selatan (Kutoarjo - Tanahabang), KA Serayu I - II relasi dan KA Serayu III - IV (Kroya - Jakarta) .

Tahap III, akan dimulai pada tanggal 23 Mei 2012 berlaku untuk KA Gayabaru Malam Selatan (Surabaya Gubeng - Jakarta), KA Bengawan (Solo Jebres - Tanah Abang), KA Progo (Pasar Senen - Lempuyangan), dan KA Kutojaya Utara (Kutoarjo - Tanah Abang).

Tahap IV, direncanakan pada tanggal 30 Mei 2012 untuk KA Sritanjung (Banyuwangi - Surabaya Gubeng - Lempuyangan), KA Logawa (Purwokerto - Surabaya Gubeng - Jember), KA Tawangalun (Banyuwangi - Bangil - Malang Kotalama), KA Matarmaja (Malang - Pasar Senen) dan KA Brantas (Kediri - Tanah Abang).

"Apabila pergantian sistem ticketing sudah berjalan sesuai tahapan tersebut, nantinya calon penumpang bisa memesan tiket KA Ekonomi tidak hanya H-7 namun bisa H-90. Selain itu calon penumpang bisa membeli tiket tidak hanya di stasiun saja, tapi bisa di mini market, agen resmi tiket KA, kantor pos, contact center 121 dan sebagainya, seperti halnya kereta klas komersial dan ekonomi AC". Ujar VP Public Relations, Sugeng Priyono.

Sehubungan proses perubahan Sistem Ticketing yang lama ke Sistem Ticketing yang baru, manajemen PT. KAI (Persero) memohon maaf apabila ada ketidaknyamanan dalam melayani pembelian tiket kereta api di loket-loket stasiun yang telah disediakan.

Peningkatan layanan yang sudah diterapkan selama ini tetap diberlakukan yaitu pembelian tiket sesuai dengan identitas diri (satu tiket KA untuk satu penumpang), pembatasan kapasitas angkut penumpang 100%, boarding pass, larangan merokok dan pedagang asongan di atas kereta. (Humaska)

TOP