Informasi Media

Pusat Informasi dan Berita KA

Tiga Lokomotif CC201 Perkuat Divre 1 Sumatera Utara

Tanggal Publish : 03 Sep 2013 21:30:00

Lokomotif berjenis diesel elektrik (DE) dengan tipe CC201 menambah kekuatan sarana PT. Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Divisi Regional (Divre) 1 Sumatera Utara (SU). Tiga unit lokomotif yang dikirimkan dari Jawa, telah tiba di Pelabuhan Belawan sejak 19 Agustus, tetapi baru bisa diturunkan pada 24 Agustus. Tiga lokomotif dengan nomor seri CC2018312, CC2018904, dan CC2018910, akan diperiksa terlebih dahulu sebelum siap operasi (SO) menarik rangkaian KA penumpang ataupun KA Barang.

Manajer Sarana Divre 1 SU Darwin Napitupulu (berdiri) dan Kepala Dipo Traksi Medan Simon Putra Raya memeriksa salah satu komponen mesin Lokomotif CC201 di Dipo Lokomotif Medan

Manajer Sarana Divre 1 SU Darwin Napitupulu (berdiri) dan Kepala Dipo Traksi Medan Simon Putra Raya memeriksa salah satu komponen mesin Lokomotif CC201 di Dipo Lokomotif Medan

Selama ini, KA di Divre 1 SU, belum pernah ditarik menggunakan lokomotif tipe CC yang memiliki berat siap 82 ton. Disini, lokomotif tipe BB yang berjenis diesel hidrolik (DH) yang menarik semua rangkaian KA. Hal ini dikarenakan prasarana jalan rel dan jembatan, belum bisa menahan beban yang lebih berat. Dan selama dua tahun terakhir, rel dan jembatan di Divre 1 SU diperbaiki serta ditingkatkan kemampuannya untuk menahan beban yang lebih berat.

Divre 1 SU jadi memiliki 32 unit Lokomotif yang 3 diantaranya Lokomotif CC201

Divre 1 SU jadi memiliki 32 unit Lokomotif yang 3 diantaranya Lokomotif CC201

Seperti yang dijelaskan oleh Manajer Sarana Divre 1 SU, Darwin Napitupulu, dengan datangnya lokomotif CC 201, armada lokomotif yang dimiliki Divre 1 SU menjadi 32 unit. Dengan rincian 3 unit lok CC201, 6 unit lok BB302, 17 unit lok BB303, 6 unit lok BB306. "Lokomotif CC201, akan kami periksa terlebih dahulu sebelum kami uji coba. Jika ada malfungsi akan segera diperbaiki," tutur Darwin di dipo lokomotif Medan, Senin (2/9).

Lokomotif CC2018904 sedang diturunkan ke atas rel di Pelabuhan Belawan

Lokomotif CC2018904 sedang diturunkan ke atas rel di Pelabuhan Belawan

"Lokomotif CC201 berbeda dengan Lokomotif tipe BB. Selain tenaga yang dimiliki sebesar 1825 hp, juga berat tonase yang ada. Sehingga, daya tarik lokomotif lebih besar yang mampu menarik rangkaian kereta atau gerbong yang lebih banyak dibandingkan lokomotif BB," terang Darwin. Diterangkan lebih lanjut, lokomotif BB sesuai kemampuan daya tarik hanya mampu menarik 6 kereta atau 8 gerbong barang (isi). Tetapi saat ini dioperasikan melampaui kemampuan daya tarik lokomotif tersebut, dimana sebanyak 12 gerbong (isi) atau 8 kereta. Sedangkan, untuk lokomotif CC201 bisa menarik dua kali lebih banyak dibandingkan lokomotif BB. (Humaska)

TOP