Informasi Media

Pusat Informasi dan Berita KA

KERETA API PANGRANGO LAYANI JALUR BOGOR-SUKABUMI

Tanggal Publish : 11 Nov 2013 08:59:00

PT Kereta Api Indonesia (Persero) secara resmi meluncurkan KA Pangrango pada Sabtu, 9 November 2013. Peluncuran perdana KA ini dilakukan di Stasiun Bogor Paledang. Pengoperasian KA Pangrango dilakukan untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat yang sudah jenuh dengan kemacetan jalan raya di lintas Bogor-Sukabumi pp dan juga sebagai tindak lanjut dari harapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri BUMN, Dahlan Iskan.

Dengan beroperasinya KA ini, maka pelayanan angkutan penumpang di lintas Bogor-Sukabumi pp akan aktif kembali dan menjadi solusi kemacetan di lintas jalan raya jalur Bogor-Sukabumi. Dengan menggunakan kereta api, waktu tempuh yang biasanya mencapai 4 jam dengan kendaraan bermotor, hanya akan ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam saja. Sebelumnya, perjalanan KA lintas Bogor-Sukabumi ini pernah dilayani oleh KRD Bumi Geulis. Operasional KRD ini berhenti pada 15 Desember 2012 karena masalah operasional.

Nama Pangrango sendiri diambil dari nama sebuah gunung di daerah Bogor-Sukabumi. Dengan menggunakan nama tersebut, diharapkan masyarakat akan mudah mengingat KA Pangrango sebagai moda transportasi kereta api yang melayani masyarakat di lintas Bogor-Sukabumi.

Rencananya, KA Pangrango akan melayani rute Bogor-Sukabumi-Cianjur pp. secara bertahap. Untuk tahap pertama, operasional KA ini hanya melayani rute Bogor-Sukabumi yang saat ini sedang diresmikan peluncurannya. Selanjutnya, rute Sukabumi-Cianjur pp. rencananya akan mulai dilayani pada Januari 2014. Hal ini karena jalur Sukabumi-Cianjur saat ini sedang dalam proses pekerjaan untuk meningkatkan kualitas infrastrukturnya.

KA ini nantinya akan melayani penumpang dengan jadwal keberangkatan sebagai berikut:

Stasiun Asal Jadwal Keberangkatan Jadwal Kedatangan
Stasiun Bogor Paledang   07.35 WIB 09.46 WIB
12.45 WIB 14.56 WIB
17.55 WIB 20.08 WIB
Stasiun Sukabumi 05.00 WIB 07.12 WIB
10.10 WIB 12.22 WIB
15.20 WIB 17.32 WIB

 

Sepuluh stasiun yang akan disinggahi KA Pangrango adalah:

a. Stasiun Bogor Paledang   f. Stasiun Parungkuda
b. Stasiun Batu Tulis   g. Stasiun Cibadak
c. Stasiun Maseng   h. Stasiun Karang Tengah
d. Stasiun Cigombong   i. Stasiun Cisaat
e. Stasiun Cicurug   j. Stasiun Sukabumi

 

KA ini akan menggunakan lokomotif CC204 dengan rangkaian yang terdiri dari 1 (satu) kereta eksekutif, 3 (tiga) kereta ekonomi AC, dan 1 (satu) kereta pembangkit dengan kapasitas angkut sebanyak 368 penumpang, dengan rincian 50 penumpang di 1 (satu) kereta eksekutif dan 318 penumpang di 3 (tiga) kereta ekonomi AC. PT KAI akan menerapkan aturan kapasitas 100% penumpang di KA ini, sehingga setiap penumpang akan mendapatkan tempat duduk. Peraturan larangan merokok dan bebas pedagang asongan juga akan diterapkan di KA ini sehingga penumpang akan merasa nyaman dalam perjalanannya.

Tarif yang diberlakukan untuk KA Pangrango ini adalah tarif tanpa subsidi (PSO). Berikut tarifnya untuk setiap kelas:

Kelas   Rute   Harga Tiket*
Eksekutif   Bogor-Sukabumi   Rp 35.000,-
Ekonomi AC   Bogor-Sukabumi   Rp 15.000,-

*Single Tariff

 

Masyarakat yang hendak menggunakan KA Pangrango dapat memesan/membeli tiket di semua channel resmi pemesanan/pembelian tiket kereta api.

Dengan adanya perjalanan kereta api Bogor-Sukabumi-Cianjur, maka masyarakat memiliki banyak pilihan transportasi massal yang murah dan nyaman serta bebas macet untuk keluar ataupun menuju Bogor, Sukabumi dan Cianjur. Hal ini akan mengurangi kepadatan lalu lintas, mengurangi waktu tempuh serta memperlancar arus logistik keluar dan masuk Bogor, Sukabumi dan Cianjur.

Bila kurang jelas dapat menghubungi VP Public Relations PT KAI, Sugeng Priyono melalui HP. 081357045799 atau e-mail: sugeng.priyono@kereta-api.co.id atau Senior Manager Humas PT KAI DAOP 1 Jakarta, Sukendar Mulya, melalui HP. 081381291121 atau e-mail: sukendar@kereta-api.co.id atau humasda1@kereta-api.co.id

TOP