Informasi Media

Pusat Informasi dan Berita KA

Jadwal Baru Perjalanan KA Berlaku Mulai 1 April 2013

Tanggal Publish : 08 Mar 2013 15:25:03

Mulai 1 April 2013, Jadwal perjalanan baru perjalanan Kereta Api akan diberlakukan PT. Kereta Api Indonesia (PT KAI) (Persero). Perubahan jadwal ini ditetapkan dengan Surat Keputusan dari Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian No. KA/407/SK.26/DJKA/2/13 tanggal 25 Februari 2013 tentang pelaksanaan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) tahun 2013 yang berlaku mulai 1 April 2013.

Direktur Komersial PT KAI, Sulistyo Wimbo (dua dari kiri), didampingi EVP Daop 1, Bambang Eko Martono (dua dari kanan), Dirut KCJ, Ignatius Tri Handojo. (kanan), serta VP Public Relations PT KAI, Mateta Rijalulhaq (kiri) saat memberikan keterangan pers tetang pemberlakuan Gapeka 2013 kepada wartawan di Gedung JRC, Jakarta, Kamis (7/3).

Direktur Komersial PT KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito, mengatakan bahwa pergantian Jadwal Perjalanan Kereta Api merupakan hal yang biasa, disesuaikan dengan perkembangan perusahaan dan permintaan masyarakat yang terus meningkat. "Gapeka 2013 ini merupakan peningkatan efektifitas perjalanan KA, peningkatan pelayanan untuk seluruh angkutan KA, baik KA lokal. jarak menengah dan jarak jauh. Peningkatan ini didukung karena adanya fasilitas-fasilitas baru dibeberapa wilayah sehingga mempengaruhi waktu perjalanan KA," kata Wimbo, Kamis (7/3) di gedung JRC.

Dalam Gapeka 2013, perjalanan KA ekonomi jarak jauh waktu tempuhnya rata-rata lebih singkat 80 menit dari jadwal lama. Hal itu dikarenakan sudah bisa dimanfaatkannya jalur ganda lintas Purwokerto-Prupuk ,Tegal-Pekalongan dan Pekalongan-Larangan, sehingga selisih waktu perjalanan KA lebih cepat. Perubahan lain dalam Gapeka 2013 ini adalah bertambahnya relasi KA Harina yang semula Bandung-Semarang PP menjadi Bandung-Semarang-Surabaya Pasar Turi PP. Dan juga, berubahnya Stasiun pemberangkatan KA Bangun Karta dari Stasiun Pasar senen menjadi Stasiun Gambir, KA Bengawan dan Brantas dari Stasiun Tanahabang menjadi Stasiun Tanjung Priok. (Humaska)

TOP