Informasi Media

Pusat Informasi dan Berita KA

HUT KERETA API KE-67, PT KAI TINGKATKAN PELAYANAN

Tanggal Publish : 02 Oct 2012 12:46:22

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) memperingati HUT Kereta Api ke-67 yang mengusung tema "Peningkatan Ketertiban sebagai Usaha Peningkatan Layanan dan Pendapatan". Puncak peringatan tersebut dilaksanakan di Kantor Pusat PT KAI, Jl. Perintis Kemerdekaan No.1 Bandung. Sebelumnya, PT KAI telah menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam menyambut peringatan HUT ke-67 ini, di antaranya Lomba MC di lingkungan karyawan/karyawati PT KAI, pemilihan artikel terbaik di media massa eksternal dan internal, dan Pekan Olahraga Kereta Api (PORKA) 2012.

Peringatan HUT Kereta Api ke-67 dihadiri oleh jajaran Kementerian Negara BUMN, Kementerian Perhubungan, para tamu undangan, dan mitra kerja.

Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan dalam sambutannya pada HUT Kereta Api ke-67 mengungkapkan, tahun ini PT KAI menitikberatkan komitmen dalam peningkatan ketertiban untuk meningkatkan pelayanan dan pendapatan. Salah satunya komitmen para pegawai terhadap aturan yang sudah dilakukan selama ini, termasuk yang sudah dilakukan selama angkutan Lebaran 2012 kemarin. Beberapa aturan yang akan terus dilaksanakan dengan penuh komitmen di antaranya yaitu sistem boarding, yang mengharuskan nama pada tiket sesuai dengan identitas pemilik tiket. Aturan ini sejalan dengan penerapan ketentuan satu tiket satu tempat duduk, atau okupansi 100% untuk setiap kereta. Larangan merokok di area stasiun dan di dalam kereta pun terus dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang. Sedangkan untuk meningkatkan keamanan, PT KAI melalui para pegawainya akan selalu menanamkan komitmen zero accident, dengan menyelenggarakan perjalanan kereta api yang aman, lancar, dan terkendali, demikian ungkap Ignasius Jonan, didampingi VP Public Relations PT KAI, Sugeng Priyono.

Selain penguatan komitmen, hal lain yang telah dilakukan oleh PT KAI selama tahun 2012 ini adalah peluncuran berbagai produk yang tujuannya semakin memberikan kenyamanan dan memudahkan masyarakat dalam berkereta api. Beberapa produk tersebut antara lain peluncuran KA Ekonomi AC Maguwo Ekspres relasi Purwokerto-Yogyakarta, KA Majapahit relasi Pasar Senen-Malang pp, dan KA Ekonomi AC Menoreh relasi Pasar Senen-Semarang. Sementara dalam hal layanan ticketing, PT KAI baru-baru ini juga telah meluncurkan layanan internet reservation, yang memudahkan masyarakat dalam memesan tiket lewat website corporate PT KAI di www.kereta-api.co.id .

Dalam kesempatan tersebut akan dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada:

1. Pegawai teladan (20 orang)
2. Pegawai aktif dengan masa kerja 10 thn, 15 thn, 20 thn, 25 thn, 30 thn, dan 35 thn.
3. Penulis terbaik media eksternal (3 orang) dan media internal (3 orang)
4. Siswa Utama (5 orang)
5. Pemenang lomba, antara lain:
  a. Lomba MC (3 orang)
  b. Juara Umum PORKA (Pekan Olahraga Kereta Api)
6. Penyerahan Buku "The Beauty of Indonesian Railways
     

(Humaska)

TOP