• HUT KA KE-69, WUJUDKAN KESINAMBUNGAN TRANSFORMASI KA

    HUT KA KE-69, WUJUDKAN KESINAMBUNGAN TRANSFORMASI KA


    UNTUK INDONESIA YANG LEBIH BAIK

  • Juara I Pelayanan Publik

    Juara I Pelayanan Publik


    BUMN Berdaya Saing Terbaik

  • TRANSFORMASI PT KAI

    TRANSFORMASI PT KAI


    SIAP LAYANI KEBUTUHAN TRANSPORTASI MASYARAKAT

  • PELAYANAN PRIMA

    PELAYANAN PRIMA


    DEMI KEPUASAN PELANGGAN

  • LAWANG SEWU

    LAWANG SEWU


    WARISAN KERETA API NAN MEGAH

  • SIAGA 24 JAM

    SIAGA 24 JAM


    MEMASTIKAN PERJALANAN ANDA TEPAT WAKTU

  • PENGECEKAN RUTIN

    PENGECEKAN RUTIN


    KUNCI UTAMA KESELAMATAN

Selamat Datang Di Situs Resmi PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
Menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders

Tentang Kami 

Profil dan Manajemen Perusahaaan 

Sejarah Perkeretaapian

Kehadiran kereta api di Indonesia ditandai dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan KA di desa Kemijen, Jum'at tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km) dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari Sabtu, 10 Agustus 1867.

Keberhasilan swasta, NV. NISM membangun jalan KA antara Kemijen - Tanggung, yang kemudian pada tanggal 10 Februari 1870 dapat menghubungkan kota Semarang - Surakarta (110 Km), akhirnya mendorong minat investor untuk membangun jalan KA di daerah lainnya. Tidak mengherankan, kalau pertumbuhan panjang jalan rel antara 1864 - 1900 tumbuh de-ngan pesat. Kalau tahun 1867 baru 25 Km, tahun 1870 menjadi 110 Km, tahun 1880 mencapai 405 Km, tahun 1890 menjadi 1.427 Km dan pada tahun 1900 menjadi 3.338 Km.

Selain di Jawa, pembangunan jalan KA juga dilakukan di Aceh (1874), Sumatera Utara (1886), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), bahkan tahun 1922 di Sulawasi juga telah dibangun jalan KA sepanjang 47 Km antara Makasar-Takalar, yang pengoperasiannya dilakukan tanggal 1 Juli 1923, sisanya Ujungpandang - Maros belum sempat diselesaikan. Sedangkan di Kalimantan, meskipun belum sempat dibangun, studi jalan KA Pontianak - Sambas (220 Km) sudah diselesaikan. Demikian juga di pulau Bali dan Lombok, pernah dilakukan studi pembangunan jalan KA.

Sampai dengan tahun 1939, panjang jalan KA di Indonesia mencapai 6.811 Km. Tetapi, pada tahun 1950 panjangnya berkurang menjadi 5.910 km, kurang Iebih 901 Km raib, yang diperkirakan karena dibongkar semasa pendudukan Jepang dan diangkut ke Burma untuk pembangunan jalan KA di sana.

Jenis jalan rel KA di Indonesia semula dibedakan dengan lebar sepur 1.067 mm; 750 mm (di Aceh) dan 600 mm di beberapa lintas cabang dan tram kota. Jalan rel yang dibongkar semasa pendudukan Jepang (1942 - 1943) sepanjang 473 Km, sedangkan jalan KA yang dibangun semasa pendudukan Jepang adalah 83 km antara Bayah - Cikara dan 220 Km antara Muaro - Pekanbaru. Ironisnya, dengan teknologi yang seadanya, jalan KA Muaro - Pekanbaru diprogramkan selesai pembangunannya selama 15 bulan yang mempekerjakan 27.500 orang, 25.000 diantaranya adalah Romusha. Jalan yang melintasi rawa-rawa, perbukitan, serta sungai yang deras arusnya ini, banyak menelan korban yang makamnya bertebaran sepanjang Muaro- Pekanbaru.

Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamir-kan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasa-an perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 28 September 1945. Pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945 kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak diperbolehkan campur tangan lagi urusan perkeretaapi-an di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di Indonesia, serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI).

Ringkasan Sejarah Perkeretaapian Indonesia

Periode Status Dasar Hukum
Th. 1864 Pertama kali dibangun Jalan Rel sepanjang 26 km antara Kemijen Tanggung oleh Pemerintah Hindia Belanda  
1864 s.d 1945 Staat Spoorwegen (SS) Verenigde Spoorwegenbedrifj (VS) Deli Spoorwegen Maatschappij (DSM) IBW
1945 s.d 1950 DKA IBW
1950 s.d 1963 DKA - RI IBW
1963 s.d 1971 PNKA PP. No. 22 Th. 1963
1971 s.d.1991 PJKA PP. No. 61 Th. 1971
1991 s.d 1998 PERUMKA PP. No. 57 Th. 1990
1998 s.d. 2010 PT. KERETA API (Persero) PP. No. 19 Th. 1998
Keppres No. 39 Th. 1999
Akte Notaris Imas Fatimah
Mei 2010 s.d sekarang PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) Instruksi Direksi No. 16/OT.203/KA 2010

Logo dan Visi Misi

tentang_logo

3 Garis melengkung melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya.

2 Garis warna orange melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal dan eksternal. Anak panah berwarna putih melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima.

1 Garis lengkung berwarna biru melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. (Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.)

Visi dan Misi

Visi menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders


Misi menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : Keselamatan, Ketepatan waktu, Pelayanan dan Kenyamanan

Budaya Perusahaan

tentang_budper

INTEGRITAS

Kami insan PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai kebijakan organisasi dan kode etik perusahaan. Memiliki pemahaman dan keinginan untuk menyesuaikan diri dengan kebijakan dan etika tersebut dan bertindak secara konsisten walaupun sulit untuk melakukannya.

PROFESIONAL

Kami insan PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) memiliki kemampuan dan penguasaan dalam bidang pengetahuan yang terkait dengan pekerjaan, mampu menguasai untuk menggunakan, mengembangkan, membagikan pengetahuan yang terkait dengan pekerjaan kepada orang lain.

KESELAMATAN

Kami insan PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) memiliki sifat tanpa kompromi dan konsisten dalam menjalankan atau menciptakan sistem atau proses kerja yang mempunyai potensi resiko yang rendah terhadap terjadinya kecelakaan dan menjaga aset perusahaan dari kemungkinan terjadinya kerugian.

INOVASI

Kami insan PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) selalu menumbuh kembangkan gagasan baru, melakukan tindakan perbaikan yang berkelanjutan dan menciptakan lingkungan kondusif untuk berkreasi sehingga memberikan nilai tambah bagi stakeholder.

PELAYANAN PRIMA

Kami insan PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) akan memberikan pelayanan yang terbaik yang sesuai dengan standar mutu yang memuaskan dan sesuai harapan atau melebihi harapan pelanggan dengan memenuhi 6 A unsur pokok: Ability (Kemampuan), Attitude (Sikap), Appearance (Penampilan), Attention (Perhatian), Action (Tindakan), dan Accountability (Tanggung jawab).

Komisaris

Sebagai BUMN PT Kereta Api Indonesia (Persero) berpedoman pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), termasuk penetapan Rencana Kerja Anggaran Tahunan juga ditetapkan dan diputuskan melalui RUPS yang unsurnya terdiri dari :


A. Pemegang Saham
Kuasa Pemegang Saham : Deputi Bidang Usaha Logistik dan Pariwisata
Pendamping Kuasa Pemegang Saham : Asisten Deputi Urusan Usaha Sarana Angkutan dan Pariwisata

B. Dewan Komisaris

  • Iman Haryatna
    Komisaris Utama
    dekom_iman_haryatna
  • Umiyatun Hayati Triastuti
    Anggota Komisaris
    dekom_umiyatun
  • Abi Kusno
    Anggota Komisaris
    dekom_abi_kusno
  • Ashwin Sasongko
    Anggota Komisaris
    dekom_ashwin_sasongko
  • Muchtar Arifin
    Anggota Komisaris
    dekom_muchtar_arifin
  • Leon Muhammad
    Anggota Komisaris
    dekom_leon_muhammad
  • Hambra
    Anggota Komisaris
    dekom_hambra

Direksi


  • Ignasius Jonan
    President Director

  • Bambang Eko Martono
    Managing Director of Commerce

  • A. Herlianto
    Managing Director of Operation

  • Slamet Suseno Priyanto
    Managing Director of Infrastructure

  • Rono Pradipto
    Managing Director of Rolling Stock
  • direksi_eddi_hariyadi
    Eddi Hariyadhi
    Managing Director of Safety and Security

  • M. Kuncoro Wibowo
    Managing Director of Human Capital, General Affair, and Information Technology

  • Candra Purnama
    Managing Director of Logistic and Development

  • Edi Sukmoro
    Managing Director of Land and Building Assets

  • Kurniadi Atmosasmito
    Managing Director of Finance

Anak Perusahaan

A. PT. Reska Multi Usaha

logo_reska

PT. Reska Multi Usaha bergerak dalam bidang usaha Restorasi KA, Service On Train (SOT), Jasa Boga (Catering), Resto & Cafe, Parkir, Housekeeping, On Trip Cleaning (OTC), Cuci Kereta, RES-TV dan Pendukung Kenyamanan.

Alamat Kantor :
Stasiun Mangga Besar Lt. 1, Jl. Karanganyar no. 1 Jakarta Pusat
Telepon : 021-62302540
Email : reska.pusat@reska.co.id
Website : www.reska.co.id

B. PT. Railink

logo_railink

PT. Railink merupakan joint venture antara PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT. Angkasa Pura II (Persero) dengan komposisi kepemilikan saham 60% PT KAI dan 40% PT AP II. Kegiatan usaha yang dijalaninya yakni pengoperasian, Pengoperasian pengelolaan dan pengusahaan kereta api bandara, Pengembangan dan pengelolaan stasiun kereta api di bandara dan di pusat kota, Pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana kereta api, Pembagunan prasarana kereta api, Konsultasi dan desain sistem perkerataapian, Pengusahaan jasa lainnya yang menunjang usaha-usaha pokok.

Alamat Kantor :
1. Kantor Pusat : Gedung JRC Lantai 3, Jl. Ir. H. Juanda 18 No. 8 Jakarta Pusat
2. Cabang Medan : Jl. Prof. H.M. Yamin, SH No. 14 - Medan 20231, Sumatra Utara, Indonesia
Telepon : 061 - 4561331
Email : info@railink.co.id
Website : www.railink.co.id

C. PT. KAI Commuter Jabodetabek

logo_kcj

PT. KAI Commuter Jabodetabek dibentuk berdasarkan Inpres No. 5 tahun 2008 dam surat Menneg BUMN No.S-653/MBU/2008 tanggal 12 agustus 2008. Tugas pokok PT KCJ adalah menyelenggarakan pengusahaan jasa angkutan kereta api commuter dengan menggunakan sarana Kereta Rel Listrik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi serta pengusahaan di bidang usaha non angkutan penumpang.

Alamat Kantor :
Stasiun Juanda Lt. 1 & 2, Jl. Ir. H. Juanda 1 - Jakarta Pusat, 10120, Indonesia
Telepon : 021 - 345 3535
Fax : 021 - 34834084
email : commuter@krl.co.id
Website : www.krl.co.id

D. PT. KA Pariwisata

logo_rail_tour

PT KA Pariwisata atau disingkat PT KA Wisata bertujuan untuk menyediakan barang atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat di pasar dalam wilayah Indonesia dibidang pariwisata kereta api, dan kegiatan usaha yang mendukung pariwisata kereta api dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.

Alamat Kantor :
Stasiun Gambir Lt. 2, Jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat 10110, Indonesia.
Telepon : 021 - 38902233
Fax : 021 - 38902424
Email : info@indorailtour.com
Website : www.indorailtour.com

E. PT. KA Logistik

logo_kalog

PT. KERETA API LOGISTIK (KALOG) memiliki usaha di bidang layanan distribusi logistik berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis door to door service untuk memberikan pelayanan yang parnipurna bagi pelanggan kereta api yang didukung dengan angkutan pra dan lanjutan serta layanan penunjangnya, meliputi pengelolaan Termianal Peti Kemas (TPK), bongkar muat, pergudangan, pengepakan, pelabelan, pengangkutan, penjejakan, pengawalan logistik serta manajemen logistik dengan menerapkan prinsip-prinsip perseroan terbatas. Orientasi bisnis KALOG kedepan adalah sebagai jasa layanan distribusi logistik secara Total Solution melalui End-to-End Services atau dengan kata lain sebagai SCM Service Provider.

Fungsi dan peran kontributif KALOG terhadap jasa layanan yang telah disediakan oleh induknya adalah sebagai pencipta nilai tambah (value creator) sepanjang rantai nilai (value chain) layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero), seperti angkutan barang dan pergudangan.

Alamat Kantor :
Stasiun Gondangdia Lt. 1, Jl. KH. Wahid Hasyim No. 11 A, Jakarta Pusat 10340
Telepon : 021 - 31922299,
Fax: 021 - 31922288,
Email : info@kalogistics.co.id
Website : www.kalogistics.co.id

F. PT. KA Property Management

logo_kaproperti

PT KA Property Management atau disingkat PT KA Property memiliki usaha di bidang pengelolaan aset/properti perkeretaapian milik PT. Kereta Api Indonesia (Persero) maupun pihak lainnya dengan tujuan mengoptimalkan pemanfaatan serta memberikan nilai tambah aset/properti tersebut guna memenuhi standar mutu terbaik dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.

Alamat Kantor :
Stasiun Sawah Besar Lt. 1, Jl. K.H. Samanhudi, Jakarta Pusat - 10710
Telepon : 021 - 3451040 & 021 -3451404
Faximile: 021 - 3451087
E-mail: corporate@kapm.co.id
Website : www.kapm.co.id

Sumber Daya Manusia

Pada Tahun 2013, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki karyawan 26.928 orang untuk menyelenggarakan pelayanan angkutan kereta api di Jawa dan Sumatera. Jumlah tersebut terbagi menurut golongan, pendidikan, dan usia pegawai seperti pada tabel di bawah ini :

SUMBER DAYA MANUSIA MENURUT PENDIDIKAN

 

URAIAN2013
a. SD 2,269
b. SLTP 2,872
c. SLTA 20,260
d. D.3 419
e. S.1 1,033
f. S.2 75
JUMLAH : 26,928

 

SUMBER DAYA MANUSIA MENURUT USIA

 

URAIAN2013
a. <30 10,469
b. 31 - 40 5,949
c. 41 - 50 5,663
d. 51 - 56 4,847
JUMLAH : 26,928

Prasarana Perkeretaapian

A. Peta Jaringan KA di Jawa

prasarana_jawa

B. Peta Jaringan KA di Sumatera

prasarana_sumatera

Tahun 2012, panjang lintas kereta api di Jawa dan Sumatera adalah 4130,4 km

PANJANG LINTAS

WILAYAH BEROPERASI TIDAK BEROPERASI (km)
JAWA 2710.0 125.2
SUMATERA 1151.5 143.7
TOTAL 3861.5 268.9

 

DATA PERLINTASAN PT KAI (unit)

WILAYAH BEROPERASI TIDAK BEROPERASI
PERLINTASAN SEBIDANG PERLINTASAN TIDAK SEBIDANG PERLINTASAN SEBIDANG PERLINTASAN TIDAK SEBIDANG
DIJAGA TIDAK DIJAGA DIJAGA TIDAK DIJAGA
JAWA 875 3054 113 54 184 4
SUMATERA 179 675 29 16 89 0
TOTAL 1054 3729 142 70 273 4
4925 347
5272

Sarana Perkeretaapian

Sarana Kereta Api merupakan alat produkasi untuk menghasilkan jasa angkutan kereta api yang terdiri dari lokomotif, Kereta Rel Listrik (KRL), Kereta Rel Diesel (KRD), kereta penumpang dan gerbong barang. Kondisi sarana kereta api yang dioperasikan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) selama tahun 2013 adalah sebagai berikut :

Aset Sarana Kereta Api

JENIS SARANAJUMLAH (unit)
LOKOMOTIF 411
KRL 528
KRD 103
KERETA 1460
GERBONG 5433

Produk Bisnis Inti

Tahun 2013, Realisasi volume angkutan penumpang sebesar 221.729.333 orang dan angkutan barang sebesar 24,71 Juta ton

VOLUME KA PENUMPANG

KELAS KAJUMLAH (Juta Orang)
Kelas Eksekutif 6,70
Kelas Bisnis 4,52
Kelas Ekonomi 12,81
Lokal Ekonomi 32,66
Lokal Bisnis 6,69
KRL Jabotabek Komersial 129,77
KRL Jabotabek Ekonomi AC 6,87
TOTAL VOLUME 221

 

VOLUME KA BARANG

KOMODITIJUMLAH ( JutaTon)
Batubara 14,89
BBM 1,98
Petikemas 2,53
Parcel & ONS 0,34
Semen 3,14
Komoditi Lain 1,84
TOTAL VOLUME 24,71

Aset Potensial

TANAH PEMERINTAH, yaitu tanah yang di atasnya berdiri prasarana pokok milik pemerintah

TANAH PT. KAI, yaitu tanah yang di atasnya berdiri bangunanbangunan milik PT. Kereta Api Indonesia (Persero)

TANAH MILIK PT KAI : 262.581.957,56
TANAH MILIK PEMERINTAH : 57.510.403,21
 
TANAH YANG TELAH DISERTIFIKASI : 115.769.643,00
TANAH YANG BELUM DISERTIFIKASI : 204.322.717,77

 

PENGUSAHAAN ASET DI PT KAI

JENIS ASET JENIS PENGUSAHAAN
TANAH Tower, Stockpile, Container Yard, Pipa, Fiber Optic, Toko, Hotel, Kantor, Rumah, Space Reklame, dll.
TANAH DAN BANGUNAN Toko, Hotel, Kantor, Rumah, Periklanan, dll.
RUMAH PERUSAHAAN Rumah Dinas Pegawai, Rumah Tinggal Non Pegawai, Komersial
PERSEWAAN MTT, Las Rel, Persewaan Uji Balas, dll.

Tentang Kami 

Download Dokumen Perusahaan 

Annual Report

  • annual_report_2013.jpg
    Annual Report 2013
    "Transformasi Menuju Pelayanan Prima"

    icon-pdf
  • annual_report_2012
    Annual Report 2012
    "Preparation To Growth"

    icon-pdf
  • annual_report_2011.jpg
    Annual Report 2011
    "Preparation To Growth"

    icon-pdf
  • annual_report_2010.jpg
    Annual Report 2010
     

    icon-pdf
  • annual_report_2009.jpg
    Annual Report 2009
     

    icon-pdf
  • annual_report_2008.jpg
    Annual Report 2008
     

    icon-pdf

Company Profile

  • company_profile_2012
    Company Profile 2012

    icon-pdf
  • company_profile_2011
    Company Profile 2011

    icon-pdf
  • company_profile_2010
    Company Profile 2010

    icon-pdf
  • company_profile_2009
    Company Profile 2009

    icon-pdf
  • company_profile_2008
    Company Profile 2008

    icon-pdf

Penghargaan Terbaru

Direktur Utama PT KAI Terpilih sebagai Indonesia Best CEO 2014

Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan menerima penghargaan Indonesia The Best CEO 2014

Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan menerima penghargaan Indonesia The Best CEO 2014

« Berita Selengkapnya »

Penghargaan Tahun 2014

NONAMA PENGHARGAANTEMPAT & TANGGALPEMBERI PENGHARGAAN
1 Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan terpilih sebagai The First Rank The Best CEO 2014 Jakarta, 22 Oktober Majalah SWA
2 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara Umum Brass Ensemble Bandung, 18-19 Oktober Bandung Marching Band Championship 2014
3 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara Umum Brass Band Concert Bandung, 18-19 Oktober Bandung Marching Band Championship 2014
4 Marching Band Locomotive PT KAI mendapatkan Piala Bergilir DPD KNPI Jabar Bandung, 18-19 Oktober Bandung Marching Band Championship 2014
5 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Brass Ensamble Bandung, 18-19 Oktober Bandung Marching Band Championship 2014
6 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Brass Band Concert Bandung, 18-19 Oktober Bandung Marching Band Championship 2014
7 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Parade Divisi Open Bandung, 18-19 Oktober Bandung Marching Band Championship 2014
8 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Solo Horn Bandung, 18-19 Oktober Bandung Marching Band Championship 2014
9 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 2 Ensamble Analysis Bandung, 18-19 Oktober Bandung Marching Band Championship 2014
10 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 2 General Effect Bandung, 18-19 Oktober Bandung Marching Band Championship 2014
11 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 2 Field Percussion Bandung, 18-19 Oktober Bandung Marching Band Championship 2014
12 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 2 Color Guard Terbaik Bandung, 18-19 Oktober Bandung Marching Band Championship 2014
13 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 3 Nasional Percussion Battle Bandung, 18-19 Oktober Bandung Marching Band Championship 2014
14 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 3 Field Music Bandung, 18-19 Oktober Bandung Marching Band Championship 2014
15 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 3 Musik terbaik Bandung, 18-19 Oktober Bandung Marching Band Championship 2014
16 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 3 Display Divisi Open Bandung, 18-19 Oktober Bandung Marching Band Championship 2014
17 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Peringkat 4 Color Guard Contest Divisi Open Bandung, 18-19 Oktober Bandung Marching Band Championship 2014
18 Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan Terpilih sebagai CEO Terbaik pilihan SPS Yogyakarta, 17 Oktober Indonesia Public Relations Award and Summit 2014
19 The Third Champion of Indonesia Best Company in Creating Leaders from Within 2014 Jakarta, 16 Oktober Seminar Indonesia Leadership and Human Capital Summit
20 Website BUMN Transaksional Terbaik 2014 Jakarta, 15 Oktober Anugerah BUMN Web Awards 2014
21 Website Pemenang Poling Pembaca Berita Satu Sektor Transportasi dan Pergudangan Jakarta, 15 Oktober Anugerah BUMN Web Awards 2014
22 Stand PT KAI terpilih sebagai Stand Favorit BUMN Bandung, 14 September 2014 Jawa Barat Expo 2014
23 Stasiun Tanjung Barat terpilih sebagai area publik yang konsisten dalam menerapkan Kawasan Dilarang Merokok dengan kriteria Baik Jakarta, 4 September Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Propinsi DKI Jakarta
24 PT KAI mendapatkan penghargaan "Living Legend Company 2014" Jakarta, 4 September Malam Penganugerahan Living Legend Company & Everlasting Brand Award 2014 oleh Warta Ekonomi
25 Direktur Komersial PT KAI, Bambang Eko Martono terpilih sebagai The Second Best Chief Marketing Officer Jakarta, 21 Agustus BUMN Marketing Day 2014
26 PT KAI menerima penghargaan Gold untuk Tactical Marketing Jakarta, 21 Agustus BUMN Marketing Day 2014
27 PT KAI menerima penghargaan Silver untuk Strategical Marketing Jakarta, 21 Agustus BUMN Marketing Day 2014
28 Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan mendapatkan penghargaan "Outstanding Entreprenurship" Jakarta, 15 Agustus Asia Pacific Entrepreneurship Awards (APEA) 2014
29 Rekor MURI untuk Pengiriman Semen Menggunakan KA dengan Jarak Terpanjang Bogor, 2 Juli Museum Rekor Indonesia
30 Direktur Keuangan PT KAI, Kurniadi Atmosasmito menerima penghargaan sebagai The Third Winner of Indonesia Best Chief Financial Officer (CFO) 2014 Jakarta, 25 Juni Majalah SWA
31 Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan terpilih sebagai The Best CEO (The Golden Frame) Jakarta, 24 Juni Bisnis Indonesia Award 2014
32 Media Internal PT KAI, Tabloid Kontak No. 8 Bulan Agustus Tahun 2013 mendapatkan Penghargaan Emas untuk kategori Substansi, Bahasa, dan Sistematika Terbaik Jakarta, 18 Juni BUMN Internal Media Awards 2014
33 Media Internal PT KAI, Tabloid Kontak No. 6 Bulan Juni Tahun 2013 mendapatkan Penghargaan Perak untuk kategori Substansi, Bahasa, dan Sistematika Terbaik Jakarta, 18 Juni BUMN Internal Media Awards 2014
34 Cover Majalah BUMN Track No. 75 Bulan Oktober Tahun 2013 yang menampilkan Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan menjadi Juara 2 Cover Pilihan Pembaca Jakarta, 18 Juni Majalah BUMN Track
35 Unik Setyorini, Atlet Marathon Binaan PT KAI, menjadi Juara 2 Kategori 10K Wanita Singapura, 8 Juni Pocari Sewat Run 2014
36 PT KAI menjadi Runner Up 3 Grand Champion The Best Contact Center Indonesia Jakarta, 11 Juni Indonesia Contact Center Association
37 Raisa Puspita, Pegawai dan Atlet Binaan PT KAI, Juara 1 kelas +63 kg Puteri Medan, 7-8 Juni Medan Open Judo Championship 2014
38 Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan terpilih sebagai Tokoh Fenomenal Jakarta, 4 Juni Anugerah Seputar Indonesia 2014
39 PT KAI as the winner of The Best Creative Team, Platinum Jakarta, 28 Mei Indonesia Contact Center Association
40 PT KAI as the winner of The Best Contact Center Operations, Gold Jakarta, 28 Mei Indonesia Contact Center Association
41 PT KAI as the winner of The Best Teamwork, Gold Jakarta, 28 Mei Indonesia Contact Center Association
42 PT KAI as the winner of The Best Business Contribution, Silver Jakarta, 28 Mei Indonesia Contact Center Association
43 PT KAI as the winner of The Best Technology Innovation, Silver Jakarta, 28 Mei Indonesia Contact Center Association
44 PT KAI as the winner of The Best HR Retention Program, Silver Jakarta, 28 Mei Indonesia Contact Center Association
45 Shinta Pamullasari, PT KAI as the winner of The Best Manager Customer Service, Platinum Jakarta, 28 Mei Indonesia Contact Center Association
46 Akhmad Zaidan, PT KAI as the winner of The Best Customer Service, Platinum Jakarta, 28 Mei Indonesia Contact Center Association
47 Elsa Gultom, PT KAI as the winner of The Best Back Office, Platinum Jakarta, 28 Mei Indonesia Contact Center Association
48 Erni Sylviane Purba, PT KAI as the winner of The Best Supervisor, Silver Jakarta, 28 Mei Indonesia Contact Center Association
49 Kartika Murningsih, PT KAI as the winner of The Best Customer Service, Bronze Jakarta, 28 Mei Indonesia Contact Center Association
50 Lucyana E. U. Siahaan, PT KAI as the winner of The Best Team Leader Customer Service, Bronze Jakarta, 28 Mei Indonesia Contact Center Association
51 Ari Laksono Putri, PT KAI as the winner of The Best Team Leader Inbound, Bronze Jakarta, 28 Mei Indonesia Contact Center Association
52 EVP Heritage Conservation and Architecture Design PT KAI, Liela Ubaidi, mendapatkan Silver Anugerah Kartini BUMN 2014 Jakarta, 30 April Kartini BUMN 2014
53 Direktur Utama PT. KA Pariwisata, Adi Suryatmini, mendapatkan Bronze Anugerah Kartini BUMN 2014 Jakarta, 30 April Kartini BUMN 2014
54 EVP Daop 6 Yogyakarta, Susi Munawati, mendapatkan Bronze Anugerah Kartini BUMN 2014 Jakarta, 30 April Kartini BUMN 2014
55 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Street Parade divisi Open Yogyakarta, 8-9 Maret GPMB Series, Jogja Action Marching 2014
56 Marching Band Locomotive PT KAI mendapatkan Piala Bergilir Menpora sebagai Best of the Best Street Parade Yogyakarta, 8-9 Maret GPMB Series, Jogja Action Marching 2014
57 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Drum Battle Yogyakarta, 8-9 Maret GPMB Series, Jogja Action Marching 2014
58 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Brass Ensamble Yogyakarta, 8-9 Maret GPMB Series, Jogja Action Marching 2014
59 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 2 Brass Band Concert Yogyakarta, 8-9 Maret GPMB Series, Jogja Action Marching 2014
60 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Color Guard Contest Yogyakarta, 8-9 Maret GPMB Series, Jogja Action Marching 2014
61 Senior Manajer Humasda 1 Sukendar Mulya sebagai Narasumber Individu Ter-kooperatif 2013 Jakarta, 19 Februari Radio Elshinta FM
62 The Most Innovative Companies Jakarta, 14 Februari Men's Obsession Awards 2014
63 Direktur SDM dan IT PT KAI, Sebagai The Most Influential CIO 2014 Jakarta, 11 Februari CTI Group dalam ajang IT Infrastucture Summit 2014
64 Silver Winner dalam kategori Indonesia Inhouse Magazine Awards (InMA) 2014 (InMa) 2014 Bengkulu, 8 Februari Serikat Perusahaan Pers
65 Dirut PT KAI Ignasius Jonan sebagai People of the Year 2013 kategori CEO BUMN Terbaik Jakarta, 30 Januari Koran Sindo

Penghargaan Tahun 2013

NO NAMA PENGHARGAAN TEMPAT & TANGGAL PEMBERI PENGHARGAAN
1 EVP Conservation, Heritage & Architecture Design PT KAI, Ella Ubaidi mendapatkan Penghargaan Anugrah Budaya tahun 2013 dalam hal pelestarian bangunan cagar budaya Jakarta, 27 Desember Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
2 Dirut PT KAI, Ignasius Jonan sebagai Akuntan of The Year 2013 Surabaya, 12 Desember Akuntan Award 2013
3 Dirut PT KAI, Ignasius Jonan sebagai Marketeer of The Year 2013 bidang Transportasi Jakarta, 12 Desember Indonesia Marketing Champions 2013
4 Ignasius Jonan, Direktur Utama PT. KAI Sebagai Best Of The Best CEO BUMN Jakarta, 5 Desember Anugerah BUMN 2013
5 Ignasius Jonan, Direktur Utama PT. KAI Pemimpin BUMN Berdaya Saing Terbaik 2013 Kategori Transformasi SDM Jakarta, 5 Desember Anugerah BUMN 2013
6 Juara II BUMN Jasa Non Keuangan Berdaya Saing Terbaik Jakarta, 5 Desember Anugerah BUMN 2013
7 Juara I Implementasi GCG BUMN Non Terbuka Berdaya Saing Terbaik Jakarta, 5 Desember Anugerah BUMN 2013
8 Juara I Pelayanan Publik BUMN Berdaya Saing Terbaik Jakarta, 5 Desember Anugerah BUMN 2013
9 Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan, terpilih sebagai Top Executive BUMN Non Listed 2013 dan Tokoh Finansial 2013 versi Majalah Investor Jakarta. 4 Desember Majalah Investor Awards Tokoh Finansial Indonesia 2013
10 Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan, terpilih sebagai Tokoh Finansial 2013 versi Majalah Investor Jakarta. 4 Desember Majalah Investor Awards Tokoh Finansial Indonesia 2013
11 The 1st Winner in Successfully Implementing Corporate Transformation Jakarta. 4 Desember Indonesia's Best Practices in Corporate Transformation 2013 & Indonesia's Future Transformation Leaders 2013 - Majalah SWA
12 Direktur SDM & IT PT KAI, M. Kuncoro Wibowo mendapatkan WorkPlace Big Five Profile 4.0 Personality Assessment Jakarta. 4 Desember Indonesia's Best Practices in Corporate Transformation 2013 & Indonesia's Future Transformation Leaders 2013 - Majalah SWA
13 PT KAI menjadi Korporasi Pilihan SPS 2013 Yogyakarta, 29 November Indonesia Public Relations Awards and Summit (IPRAS) 2013
14 Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan, menjadi CEO Pilihan SPS 2013 Yogyakarta, 29 November Indonesia Public Relations Awards and Summit (IPRAS) 2013
15 VP Public Relations PT KAI, Sugeng Priyono menjadi Tokoh PR Pilihan SPS 2013 Yogyakarta, 29 November Indonesia Public Relations Awards and Summit (IPRAS) 2013
16 Program PR PT KAI "Kemudahan Mendapatkan Tiket Online" menjadi Program PR Pilihan SPS 2013 Yogyakarta, 29 November Indonesia Public Relations Awards and Summit (IPRAS) 2013
17 Mushalla di Stasiun Sudirman, menjadi Masjid / Mushalla Terbaik di Tempat Publik se-Jabodetabek Tahun 2013 Jakarta, 29 November Kementrian Agama RI
18 Masjid Al-Tanwir di Stasiun Gambir, menjadi Masjid / Mushalla Terbaik di Tempat Publik se-Jabodetabek Tahun 2013 Jakarta, 29 November Kementrian Agama RI
19 Tim 5S BASEMAH Balai Yasa Lahat mendapatkan peringkat Gold Medan, 26-29 November Temu Karya Mutu & Produktivitas Nasional (TKMPN) & International Quality & Productivity Convention (IQPC) 2013
20 Tim QCP BAHARI Balai Yasa Tegal mendapatkan peringkat Silver Medan, 26-29 November Temu Karya Mutu & Produktivitas Nasional (TKMPN) & International Quality & Productivity Convention (IQPC) 2013
21 Tim QCP BAHARI Balai Yasa Tegal menjadi The Most Favourite Team Medan, 26-29 November Temu Karya Mutu & Produktivitas Nasional (TKMPN) & International Quality & Productivity Convention (IQPC) 2013
22 Tim QCP DMS Dipo Lokomotif Kertapati, mendapatkan peringkat Silver Medan, 26-29 November Temu Karya Mutu & Produktivitas Nasional (TKMPN) & International Quality & Productivity Convention (IQPC) 2013
23 Tim CSM Stasiun Gambir, mendapatkan peringkat Silver Medan, 26-29 November Temu Karya Mutu & Produktivitas Nasional (TKMPN) & International Quality & Productivity Convention (IQPC) 2013
24 The Best In Leading Change Jakarta, 25 November The 3rd Annual SPEx2 Award and Forum 2013
25 Jaka Jarkasih, Manager Humas Daop 2 Bandung menjadi Narasumber Sindo Trijaya FM Terbaik kategori BUMN/BUMD Bandung, 11 November Anugerah SINDO TRIJAYA Bandung Awards 2013
26 BUMN Kategori Industri Non-Keuangan Transportasi Darat, Laut dan Udara berpredikat "Sangat Bagus" Jakarta, 30 Okober
Infobank Award 2013
27 The Best In Experiential Marketing Jakarta, 29 Oktober Marketing Award 2013
28 R. Raisa Puspita, Atlet Binaan PT KAI mendapatkan Medali Emas pada Kelas 78 Kg Yogyakarta, 18 & 19 Oktober Kejuaraan Nasional Judo Mahasiswa UNY Tahun 2013
29 Eko Yuli Irawan, Atlit Binaan PT KAI mendapatkan medali Emas Cabang Olah Raga Angkat Besi Palembang, 22 September - 1 Oktober Islamic Solidarity Games 2013
30 Deni, Atlit Binaan PT KAI mendapatkan medali Emas Cabang Olah Raga Angkat Besi Palembang, 22 September - 1 Oktober Islamic Solidarity Games 2013
31 Sri Wahyuni, Atlit Binaan PT KAI mendapatkan medali Emas Cabang Olah Raga Angkat Besi Palembang, 22 September - 1 Oktober Islamic Solidarity Games 2013
32 Citra Febriyanti, Atlit Binaan PT KAI mendapatkan medali Emas Cabang Olah Raga Angkat Besi Palembang, 22 September - 1 Oktober Islamic Solidarity Games 2013
33 Okta Dwi Pramita, Atlit Binaan PT KAI mendapatkan medali Emas Cabang Olah Raga Angkat Besi Palembang, 22 September - 1 Oktober Islamic Solidarity Games 2013
34 Sinta Darmariani, Atlit Binaan PT KAI mendapatkan medali Emas Cabang Olah Raga Angkat Besi Palembang, 22 September - 1 Oktober Islamic Solidarity Games 2013
35 Syarah Anggraini, Atlit Binaan PT KAI mendapatkan medali Perak Cabang Olah Raga Angkat Besi Palembang, 22 September - 1 Oktober Islamic Solidarity Games 2013
36 Siti Sarah, Atlit Binaan PT KAI mendapatkan medali Perak Cabang Olah Raga Angkat Besi Palembang, 22 September - 1 Oktober Islamic Solidarity Games 2013
37 Dwi Atikasari, Atlit Binaan PT KAI mendapatkan medali Perunggu Cabang Olah Raga Angkat Besi Palembang, 22 September - 1 Oktober Islamic Solidarity Games 2013
38 M. Purkon, Atlit Binaan PT KAI mendapatkan medali Perunggu Cabang Olah Raga Angkat Besi Palembang, 22 September - 1 Oktober Islamic Solidarity Games 2013
39 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Individual Movement Analysis Color Guard Contest Divisi Open Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
40 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Individual Equipment Analysis Color Guard Contest Divisi Open Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
41 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Ensemble Analysis Color Guard Contest Divisi Open Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
42 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 3 General Effect Color Guard Contest Divisi Open Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
43 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 3 Color Guard Contest Divisi Open Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
44 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 2 International Percussion Battle Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
45 Marching Band Locomotive PT KAI menjadiPeringkat 4 Brass Ensemble Divisi Open Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
46 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Brass Band Concert Divisi Open Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
47 Marching Band Locomotive PT KAI meraih Piala Bergilir Walikota Bandung Juara Umum Percussion Battle Nasional Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
48 Marching Band Locomotive PT KAI meraih Piala Bergilir Walikota Bandung Juara Umum Brass Band Concert Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
49 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara ke 2 Field Commander Divisi Open Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
50 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Front Ensemble Divisi Open Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
51 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 General Effect Divisi Open Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
52 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Field Percussion Divisi Open Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
53 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Field Music Divisi Open Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
54 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Musik Divisi Open Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
55 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 2 Visual Divisi Open Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
56 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Color Guard Divisi Open Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
57 Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Display Divisi Open Bandung, 28-29 September Bandung Marching Band Championship IV - 2013
58 Bronze Winner - Most Valuable Policy of Public Institution (Category: State Own Enterprise) Jakarta, 24 September Indonesia Brand Champion Award 2013
59 Bronze Winner - Most Trusted Public Institution (Category: State Own Enterprise) Jakarta, 24 September Indonesia Brand Champion Award 2013
60 Marching Band Locomotive PT KAI meraih Juara 1 Field Commander Kategori General Division Jember, 20 - 22 September Jember Open Marching Competition 2 - 2013
61 Marching Band Locomotive PT KAI meraih Juara 1 Street Parade Kategori General Division Jember, 20 - 22 September Jember Open Marching Competition 2 - 2013
62 Marching Band Locomotive PT KAI meraih Juara 1 Color Guard Contest Kategori General Division Jember, 20 - 22 September Jember Open Marching Competition 2 - 2013
63 Marching Band Locomotive PT KAI meraih Juara 2 Music Analysis Horn Line Jember, 20 - 22 September Jember Open Marching Competition 2 - 2013
64 Marching Band Locomotive PT KAI meraih Juara 2 Music Analysis Percussion Line Jember, 20 - 22 September Jember Open Marching Competition 2 - 2013
65 Marching Band Locomotive PT KAI meraih Juara 3 Display & Showmanship Jember, 20 - 22 September Jember Open Marching Competition 2 - 2013
66 Marching Band Locomotive PT KAI meraih Juara 2 General Effect Jember, 20 - 22 September Jember Open Marching Competition 2 - 2013
67 Marching Band Locomotive PT KAI meraih Juara 1 Color Guard Jember, 20 - 22 September Jember Open Marching Competition 2 - 2013
68 Marching Band Locomotive PT KAI meraih Juara 2 Marching Show Competition Kategori General Division Jember, 20 - 22 September Jember Open Marching Competition 2 - 2013
69 Marching Band Locomotive PT KAI meraih Juara 3 International Drum Battle Jember, 20 - 22 September Jember Open Marching Competition 2 - 2013
70 Marching Band Locomotive PT KAI meraih Piala Bergilir Kanpora Jember Jember, 20 - 22 September Jember Open Marching Competition 2 - 2013
71 Atlit Binaan PT KAI, R. Raisya Puspita, meraih Gold Medalist Kategori +78 Kg Female Bandung, 31 Agustus- 1 September Kejurnas Judo Wismoyo Cup 2013
72 Silver Winner untuk kategori Strategic dengan Sub-Kategori Brand, Product, and Customer Management Jakarta, 27 Agustus BUMN Marketing Award 2013
73 Silver Winner untuk kategori Tactical dengan Sub Kategori Communication, Sales, and Service Jakarta, 27 Agustus BUMN Marketing Award 2013
74 Direktur Komersial PT KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito sebagai finalis CMO of The Year Jakarta, 27 Agustus BUMN Marketing Award 2013
75 Color Guard Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 dalam Color Guard Contest Denpasar, 30 Juni Langgam Indonesia ke 26
76 Color Guard Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 dalam Individual Movement Analysis Denpasar, 30 Juni Langgam Indonesia ke 26
77 Color Guard Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Individual Equipment Analysis Denpasar, 30 Juni Langgam Indonesia ke 26
78 Color Guard Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 General Effect Analysis Denpasar, 30 Juni Langgam Indonesia ke 26
79 Color Guard Marching Band Locomotive PT KAI menjadi Juara 1 Ensemble Analysis Denpasar, 30 Juni Langgam Indonesia ke 26
80 Gina Nadia, Pemain Color Guard Marching Band Locomotive PT KAI, meraih Medali Perunggu dalam Individual Color Guard Contest Denpasar, 30 Juni Langgam Indonesia ke 26
81 Atlit Binaan PT KAI, R. Raisya Puspita, meraih Gold Medalist Kategori +63 Kg Female Medan, 22-23 Juni Judo International Walikota Medan Cup 2013
82 Gold Level - The Best Corporate Innovation Culture & Management dalam ajang BUMN Innovation Award 2013 Jakarta, 27 Juni Kementerian BUMN
83 The Best Technology Innovation untuk Sistem Pencegah Pelanggaran Sinyal (GARANSI) dalam ajang BUMN Innovation Award 2013 Jakarta, 27 Juni Kementerian BUMN
84 The Best Product Innovation untuk Rail Ticket System (RTS) dalam ajang BUMN Innovation Award 2013 Jakarta, 27 Juni Kementerian BUMN
85 The Golden Action Award 2013 Jakarta, 19 Juni Harian Rakyat Merdeka
86 Talkshow Pertama yang Diselenggarakan di Kereta Api Bandung, 17 Juni Museum Rekor Indonesia
87 Runner Up Grand Champion The Best Contact Center Award 2013 Jakarta, 17 Juni Indonesia Contact Center Association
88 Syukron Mamun Agent CC121 mendapatkan penghargaan Platinum PT. KAI As The Winner Of The Best Contact Center Agent Jakarta, 12 Juni Indonesia Contact Center Association
89 Maman Sutiawan Team Leader CC121 PT. KAI mendapatkan penghargaan Gold As The Winner Of The Best Team Leader Inbound Jakarta, 12 Juni Indonesia Contact Center Association
90 Arya Kristina CS PT. KAI mendapatkan penghargaan Bronze As The Winner Of The Customer Service Jakarta, 12 Juni Indonesia Contact Center Association
91 Arif Triono Supervisor CC 121 PT. KAI mendapatkan penghargaan Silver As The Winner Of The Best Contact Center Supervisor Jakarta, 12 Juni Indonesia Contact Center Association
92 Ben Satrio Budi QA CC121 PT. KAI mendapatkan penghargaan Platinum As The Winner Of The Best Quality Assurance Jakarta, 12 Juni Indonesia Contact Center Association
93 Burhanudin Back Office Operation CC121 PT. KAI mendapatkan penghargaan Silver As The Winner Of The Best Back Office Operations Jakarta, 12 Juni Indonesia Contact Center Association
94 Muhamad Resa Trainer CC121 PT KAI mendapatkan penghargaan Platinum As The Winner Of The Best Trainer Jakarta, 12 Juni Indonesia Contact Center Association
95 PT KAI Platinum As The Winner Of The Best Business Contribution Jakarta, 12 Juni Indonesia Contact Center Association
96 PT KAI Silver As The Best Contact Center Operation Jakarta, 12 Juni Indonesia Contact Center Association
97 PT KAI Silver As The Best Technology Innovation Jakarta, 12 Juni Indonesia Contact Center Association
98 PT KAI Silver As The Best HR Retention Program Jakarta, 12 Juni Indonesia Contact Center Association
99 PT KAI Bronze As The Best Teamwork Jakarta, 12 Juni Indonesia Contact Center Association
100 Website BUMN Terinovatif Jakarta, 10 Juni Beritasatu.com
101 Website BUMN Terbaik Pilihan Pembaca Jakarta, 10 Juni Beritasatu.com
102 Website BUMN Terbaik Kategori Transaksional Jakarta, 10 Juni Beritasatu.com
103 Nominasi Website BUMN Terbaik Jakarta, 10 Juni Beritasatu.com
104 Dharma Bakti Adikarya Baraya Nugraha untuk kategori BUMN Perhubungan Darat Pelaksana PK-BL/CSR Pengembang UMKM Terbaik Solo, 29 Mei Universitas Sebelas Maret
105 Stand Terbaik I Kategori Non Pemerintahan dalam Pekan Inovasi Sumatera Utara 2013 Medan, 26 Mei Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
106 Pencapaian kinerja & terobosan yang dilakukan dalam Moda angkutan pengangkut penumpang terbanyak di Indonesia, Inovasi Teknologi Rail Ticket System (RTS), dan Penataan stasiun di Jabodetabek Jakarta, 19 Mei Kementerian BUMN
107 Pencapaian kinerja & terobosan yang dilakukan dalam BUMN Pelaksana Program Kemanfaatan Umum Non Perintisan Jakarta, 19 Mei Kementerian BUMN
108 Pencapaian kinerja & terobosan yang dilakukan dalam Optimalisasi/Penyelamatan Aset Jakarta, 19 Mei Kementerian BUMN
109 The First Rank of Indonesia CEO Choice 2013 Jakarta, 13 Mei SWA Indonesia Leader Award
110 CEO Inovatif Untuk Negeri Jakarta, 15 April GATRA Executive Forum
111 Unik Setyorini, Pegawai PT KAI, meraih Juara 2 Lomba Marathon kategori 10km loop Rotterdam, 14 April ABN Amro Marathon Rotterdam
112 Unik Setyorini, Pegawai PT KAI, meraih Juara 2 Lomba Marathon kategori 10km Brunei Darussalam, 7 April Standard Chartered Half Marathon Brunei Darussalam
113 PT. KAI Daop 1 Jakarta meraih penghargaan sebagai institusi yang proaktif memberikan informasi kepada masyarakat. Jakarta, 19 Februari Radio Elshinta
114 Silver Winner dalam kategori  The Best of State Own Enterprise Inhouse Magazine (InMa) 2013 Makassar, 18 Februari Serikat Pekerja Pers

 

Penghargaan Tahun 2012

No. Nama Penghargaan Tempat, Tgl, dan Tahun Pemberi Penghargaan
1. Ignasius Jonan, CEO BUMN Pilihan Majalah Tempo Jakarta, 24 Desember 2012 Majalah Tempo
2. Trusted Company Based on Corporate Governance Perception Index (CGPI) dalam Good Corporate Governance Indonesia Trusted Companies Award 2012 Jakarta, 19 Desember 2012 The Indonesian Institute for Corporate Governance bekerjasama dengan Majalah SWA
3. Penghargaan atas kontribusi positif dalam pemenuhan kewajiban perpajakan tahun 2012 Bandung,
Desember 2012
KPP (Kantor Pelayanan Pajak) Madya Bandung
4. Korporasi Pilihan SPS 2012 Yogyakarta,
14 Desember 2012
Serikat Perusahaan Pers (SPS)
5. Dirut PT KAI Ignasius Jonan meraih Indonesia Marketing Champion 2012 kategori otomotif, transportasi, dan sektor logistik Jakarta,
13 Desember 2012
Markplus Inc dan Indonesia Marketing Association (IMA) untuk Marketer of The Year 2012
6. Best of The Best BUMN Inovatif Terbaik 2012 Jakarta, 6 Desember 2012 Anugerah BUMN 2012
7. Direktur Utama PT KAI "Ignasius Jonan sebagai CEO BUMN Terbaik" Jakarta, 6 Desember 2012 Anugerah BUMN 2012
8. Pemenang I “Inovasi Manajemen BUMN Terbaik” Jakarta, 6 Desember 2012 Anugerah BUMN 2012
9. Pemenang I “Inovasi Pelayanan Publik BUMN Terbaik” Jakarta, 6 Desember 2012 Anugerah BUMN 2012
10 Pemenang II “Inovasi Produk Jasa BUMN Terbaik" Jakarta, 6 Desember 2012 Anugerah BUMN 2012
11. Peringkat Silver  ISO 9001 LOKOMOTIF PT. KAI Mataram-Lombok, 27-30 November 2012 WAHANA KENDALI MUTU bekerjasama dengan Asosiasi Manajemen Mutu & Produktivitas Indonesia
12. Peringkat ke-4 The Best Marketing Management of the year 2012 Jakarta, 21 November 2012 Anugerah Business Review 2012
13. Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan, menerima penghargaan The Best Visionary CEO of the year 2012; Jakarta, 21 November 2012 Anugerah Business Review 2012
14. Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan, menerima penghargaan peringkat ke-3 The Best CEO of the year 2012 Jakarta, 21 November 2012 Anugerah Business Review 2012
15. Peringkat ke-5 The Best Corporate Communications of the year 2012 Jakarta, 21 November 2012 Anugerah Business Review 2012
16. Peringkat ke-5 The Best Non Listed Company of the year 2012 Jakarta, 21 November 2012 Anugerah Business Review 2012
17. Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Ignasius Jonan, menerima penghargaan sebagai alumnus terbaik Universitas Airlangga (UNAIR). Surabaya, 10 November 2012 Universitas Airlangga (UNAIR).
18. Marching Band Locomotive mendapatkan: Piala Juara 3 Percussion Line Battle Bandung, 13 Oktober 2012 Bandung Marching Band Championship (BMBC) III 2012
19. Marching Band Locomotive mendapatkan: Piala Bergilir Walikota Bandung Brass Ensemble Bandung, 13 Oktober 2012 Bandung Marching Band Championship (BMBC) III 2012
20. Marching Band Locomotive mendapatkan: Piala Juara 1 Brass Ensemble Bandung, 13 Oktober 2012 Bandung Marching Band Championship (BMBC) III 2012
21. Marching Band Locomotive mendapatkan: Piala Bergilir Walikota Bandung Brass Band Bandung, 13 Oktober 2012 Bandung Marching Band Championship (BMBC) III 2012
22. Marching Band Locomotive mendapatkan: Piala Juara 1 Brass Band Concert Bandung, 13 Oktober 2012 Bandung Marching Band Championship (BMBC) III 2012
23. The Best For Change Management Bandung, 12 Oktober 2012 Indonesia Human Capital Study (IHCS) 2012, yang diadakan Dunamis dan Majalah Business Review
24. The Best For Recruit Management Bandung, 12 Oktober 2012 Indonesia Human Capital Study (IHCS) 2012, yang diadakan Dunamis dan Majalah Business Review
25. The Best For CEO Commitment Bandung, 12 Oktober 2012 Indonesia Human Capital Study (IHCS) 2012, yang diadakan Dunamis dan Majalah Business Review
26. Atlit binaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Triyatno meraih medali perak pada cabang angkat besi London, 12 Agustus 2012 Olimpiade London 2012
27. Atlit binaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Eko Yuli Irawan meraih medali perunggu pada cabang angkat besi London, 12 Agustus 2012 Olimpiade London 2012
28. Pionir Penyedia Modul Informasi Pelayanan Publik dalam “Portal Satu Layanan” Jakarta, 30 Agustus 2012 Unit Kerja Presiden bidang kerja Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4)
29. Penghargaan Zero Accident dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran 2012 Jakarta, Agustus 2012 Kementerian Perhubungan
30. IT Excellence Awards Singapura, 2 Agustus 2012 CIO Summit 2012
31. Locomotive Marching Band PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mendapatkan : juara 2 kategori Percussion Battle Hong Kong, 2 Juli 2012 Hong Kong International Youth Marching Band Competition 2012
32. Locomotive Marching Band PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mendapatkan: Trophy The best four Hong Kong, 2 Juli 2012 Hong Kong International Youth Marching Band Competition 2012
33. Locomotive Marching Band PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mendapatkan: Juara favorit pilihan media massa dan elektronik TV Hongkong dan TV internasional Hong Kong, 2 Juli 2012 Hong Kong International Youth Marching Band Competition 2012
34. Atlit binaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Unik Setyorini, mendapat juara 3 pada Lomba Marathon Standard Chartered 2012 di Kuala Lumpur Kuala Lumpur, Juni 2012 Standard Chartered 2012
35. Bronze kategori Strategic dan Tactical Marketing, BUMN Marketing Day 2012 Jakarta, 26 Juni 2012 Majalah BUMN Track, bekerjasama dengan BUMN Marketeers Club dan Markplus Inc.
36. Reward Jakarta, 3 Juni 2012 Komisi Nasional Pengendalian Tembakau
37. The silver winner of contact center operations up to 30 seats Jakarta, 16 Mei 2012 Indonesian Contact Center Association (ICCA) Award 2012
38. PT. KAI as the bronze winner of business contribution below 100 seats Jakarta, 16 Mei 2012 Indonesian Contact Center Association (ICCA) Award 2012
39. PT. KAI as the bronze winner of the best team work Jakarta, 16 Mei 2012 Indonesian Contact Center Association (ICCA) Award 2012
40. PT. KAI as the bronze winner of the best talent Jakarta, 16 Mei 2012 Indonesian Contact Center Association (ICCA) Award 2012
41. Asbah Muniroh, the silver winner of the best contact center supervisor up to 30 seats Jakarta, 16 Mei 2012 Indonesian Contact Center Association (ICCA) Award 2012
42. Muhammad Resa, the bronze winner of the best contact center trainer below 100 seats Jakarta, 16 Mei 2012 Indonesian Contact Center Association (ICCA) Award 2012
43. Budi Mukti as the bronze winner of the best contact center IT support Jakarta, 16 Mei 2012 Indonesian Contact Center Association (ICCA) Award 2012
44. Arif Triono as the bronze winner of the best contact center team leader up to 30 seats Jakarta, 16 Mei 2012 Indonesian Contact Center Association (ICCA) Award 2012
45. BUMN logistik terbaik bidang manajemen risiko investasi BUMN untuk jasa transportasi darat Jakarta, 26 April 2012 Indonesia Enterprise Risk Management Award (IERMA) 2012
46. Bronze Winner, kategori Inhouse Magazine BUMN/BUMD, untuk Majalah Rel Jambi, 7 Februari 2012 Telkom Indonesia Inhouse Magazine Award (InMA) 2012

Penghargaan Tahun 2011

Penghargaan dan atau sertifikasi yang diterima perusahaan baik yang berskala nasional maupun internasional. Informasi memuat antara lain :

NO. NAMA PENGHARGAAN / SERTIFIKAT TAHUN PEROLEHAN BADAN PEMBERI PENGHARGAAN / SERTIFIKAT MASA BERLAKU
1. Penghargaan di bidang olah raga kategori Badan Usaha Pemerintah yang telah membina dan mensponsori Klub Lokomotif Salatiga dalam cabang olah raga atletik, sehingga melahirkan olahragawan-olahragawan berprestasi di tingkat nasional maupun internasional 2010 Kementerian Pemudan dan Olahraga RI 2010
2. IT Governance Terbaik I2011 Kementerian BUMN Kategori BUMN Sarana, Prasarana, Transportasi dan Pergudangan 2011 Kementerian BUMN 2011
3. Inovasi Pelayanan Publik Terbaik II 2011 pada Anugerah BUMN 2011 2011 Kementerian BUMN 2011
4. CEO Inovatif Terbaik III 2011 pada Anugerah BUMN 2011 2011 Kementerian BUMN 2011
5. Trusted Company Based on Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2010 pada Good Corporate Governance Award 2011 2011 The Indonesian Institute for Corporate Governance dan Majalah SWA 2011
6. Gold Kategori The Best Technology Innovation Below 100 Seats (CC 121) 2011 Indonesian Contact Center Association (ICCA) Awards 2011 2011
7. Bronze Kategori The Best Contact Center Agent Inbound Below 100 Seats (Puput Triyani) 2011 Indonesian Contact Center Association (ICCA) Awards 2011 2011
8. Silver Kategori The Best Contact Center Supervisor Below 100 Seats (Asbah Muniroh) 2011 Indonesian Contact Center Association (ICCA) Awards 2011 2011
9. Gold Kategori The Best Technology Innovation Below 100 Seats 2011 Indonesian Contact Center Association (ICCA) Awards 2011 2011
10. Juara I Sepakbola Liga Perhubungan 2011 2011 Departemen Perhubungan 2011
11. Juara II Cover Terbaik Pilihan Pembaca Majalah BUMN Track 2011 Majalah BUMN Track 2011
12. Juara Umum Bandung Marching Band Championship Percusion Battle 2011 Bandung Marching Band Championship 2011
13. Juara I Bandung Marching Band Kategori Percusion Battle Divisi Open 2011 Bandung Marching Band Championship 2011
14. Juara III Bandung Marching Band Percusion Kategori Brass Band Contest Divisi Open 2011 Bandung Marching Band Championship 2011
15. Juara II Bandung Marching Band Percusion Kategori Brass Ensemble Contest Divisi Open 2011 Bandung Marching Band Championship 2011
Quality Management System ISO 9001 : 2008 Untuk
16. Stasiun Besar Purwokerto 17 Oktober 2011 SAI Global 16 Oktober 2014
17. Stasiun Besar Bandung 28 Oktober 2011 SAI Global 27 Oktober 2014
18. Stasiun Besar Gambir 28 Oktober 2011 SAI Global 27 Oktober 2014
19. Stasiun Besar Tanjung Karang 28 Oktober 2011 SAI Global 27 Oktober 2014
20. Stasiun Besar Surabaya Pasarturi 28 Oktober 2011 SAI Global 27 Oktober 2014
21. Stasiun Besar Cirobon 28 Oktober 2011 SAI Global 27 Oktober 2014
22. Stasiun Besar Kutoarjo 31 Oktober 2011 SAI Global 30 Oktober 2014
23. Stasiun Besar Pasar Senen 31 Oktober 2011 SAI Global 30 Oktober 2014
24. Stasun Besar Jakarta kota 10 November 2011 SAI Global 09 November 2014
25. Stasiun Besar Madiun 10 November 2011 SAI Global 09 November 2014
26. Stasiun Besar Surabaya gubeng 10 November 2011 SAI Global 09 November 2014
27. Dipo Lokomotif Jatinegara 08 Agustus 2011 SAI Global 07 Agustus 2014
28. Dipo Lokomotif Bandung 12 Agustus 2011 SAI Global 11 Agustus 2014
29. Dipo Lokomotif Cirebon 11 Agustus 2011 SAI Global 10 Agustus 2014
30. Dipo Lokomotif Semarang Poncol 11 Agustus 2011 SAI Global 10 Agustus 2014
31. Dipo Lokomotif Purwokerto 11 Agustus 2011 SAI Global 10 Agustus 2014
32. Dipo Lokomotif Yogyakarta 11 Agustus 2011 SAI Global 10 Agustus 2014
33. Dipo Lokomotif Solo 23 September 2011 SAI Global 22 September 2014
34. Dipo Lokomotif Sidotopo 22 Agustus 2011 SAI Global 21 Agustus 2014
35. Dipo Lokomotif Kertapati 15 Agustus 2011 SAI Global 14 Agustus 2014
36. Dipo Kereta Tanjung Karang 22 Agustus 2011 SAI Global 21 Agustus 2014
37. Dipo Kereta Rangkas Bitung 11 Agustus 2011 SAI Global 10 Agustus 2014
38. Dipo Kereta Cirebon 12 Agustus 2011 SAI Global 11 Agustus 2014
39. Dipo Kereta Semarang Poncol 19 Agustus 2011 SAI Global 18 Agustus 2014
40. Dipo Kereta Purwokerto 19 Agustus 2011 SAI Global 18 Agustus 2014
41. Dipo Kereta Yogyakarta 11 Agustus 2011 SAI Global 10 Agustus 2014
42. Dipo Kereta Solo 23 September 2011 SAI Global 22 September 2014
43. Dipo Kereta Madiun 25 Agustus 2011 SAI Global 24 Agustus 2014
44. Dipo Kereta Sidotopo 11 Agustus 2011 SAI Global 10 Agustus 2014
45. Dipo Kereta Surabaya Pasarturi 11 Agustus 2011 SAI Global 10 Agustus 2014
46. Dipo Kereta Kertapati 15 Agustus 2011 SAI Global 14 Agustus 2014
47 Dipo Kereta Tanjung Karang 15 Agustus 2011 SAI Global 14 Agustus 2014
48 Dipo Kereta Bandung 15 Agustus 2011 SAI Global 14 Agustus 2014
49. Sistem Manajemen ISO 9001 : 2008 untuk:
  Balai Yasa Yogyakarta 21 Agustus 2011 SAI Global 20 Agustus 2014
50. Maintenance and Repair of Locomotive, Passenger Coaches, Wagons, and Diesel Multiple Unit ISO 9001 : 2008 untuk:
  Balai Yasa Lahat 09 Februari 2011 TUV NORD 08 Februari 2014
51 Perawatan dan Perbaikan Kereta Penumpang dan Gerbong ISO 9001 : 2008 untuk :
  Balai Yasa Manggarai 07 Februari 2011 TUV NORD 07 Februari 2014
52 Provision of Repair and Maintenance of Railway Trains and Carriages Services ISO 9001 : 2008 untuk:
  Balai Yasa Tegal 10 Desember 2010 TUV NORD 09 Desember 2013
53 Maintenance and Repair of Passenger Coaches and Wagons ISO 9001 : 2008 untuk:
  Balai Yasa Surabaya Gubeng 07 Februari 2011 TUV NORD 06 Februari 2014
54. Bronze Winner dalam kategori The Best of State Own Enterprise Inhouse Magazine InMA 2012 Rel, Edisi VI/2011 pada ajang Telkom Indonesia Inhouse Magazine Awards (InMA) 2012 2012 Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat 2012

Layanan Produk 

Info Layanan dan Produk Perusahaan 

layanan_penumpang Layanan Penumpang

tiket.kereta-api.co.id

Sebagai perusahaan yang mengelola perkeretaapian di Indonesia, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) telah banyak mengoperasikan KA penumpangnya, baik KA Utama (Komersil dan Non Komersil), maupun KA Lokal di Jawa dan Sumatera, yang terdiri dari :

- KA Eksekutif
- KA Ekonomi AC
- KA Bisnis
- KA Ekonomi
- KA Campuran
- KA Lokal
- KRL

Pelayanan Penumpang

A. RESTORASI
B. KRU KA
C. MANAGER ON DUTTY
D. ON TRAIN CLEANING

layanan_angbar Angkutan Barang

kargo.kereta-api.co.id

Komoditi yang dapat dilayani pada angkutan barang, diantaranya :

Petikemas
Paletisasi, Insulated and refrigerated containers, Standard containers, Hard-top containers, Open-top containers, Flatracks, Platforms (plats), Ventilated containers, Bulk containers, Tank containers

Barang curah Liquid/ Cair
BBM, CPO,Semua bahan kimia cair yang tidak korosif, Minyak goreng, air mineral dan lain-lain

Barang curah
Batubara, pasir, semen, gula pasir, pupuk, beras, kricak, aspalt, klinker dan lain-lain

Barang retail
Barang elektronik, hasil produksi pabrik yang sudah terpaket, barang kiriman hantaran, barang potogan

Barang packaging
Semen, pupuk, gula pasir, beras, paletisasi

layanan_aset Pengusahaan Aset

aset.kereta-api.co.id

Untuk melakukan sewa aset PT. Kereta Api Indonesia (Persero) anda mengikuti prosedur sewa sebagai berikut :

Aset yang dapat disewa terdiri dari Aset Railway dan Aset Non Railway

Mengajukan permohonan sewa ke Manager komersial di daerah operasi terdekat.

Menunjukan SPPT PBB terbaru.

Melakukan Pertemuan untuk Pembahasan rencana sewa-menyewa, Penentuan tarif dan Kesepakatan kerjasama.

Peninjauan lokasi bersama.Proses kontrak

Penandatanganan kontrak kerjasama

Informasi Media 

Pusat Informasi dan Berita KA 

Direktur Utama PT KAI Terpilih sebagai Indonesia Best CEO 2014

Tanggal Publikasi : 23.10.2014 00:00:00

Business leader atau pemimpin perusahaan memiliki peran yang sangat strategis. Sebagai Nakhoda perusahaan, seorang pemimpin melakukan transformasi perusahaan menjadi lebih besar dan lebih baik dari sebelumnya. Dan bisa memberikan benefit serta kesejahteraan bagi stafnya.


Marching Band Locomotive PT KAI Raih Prestasi di BMBC 2014

Tanggal Publikasi : 20.10.2014 00:00:00

Marching Band Locomotive PT KAI merupakan unit kegiatan di bawah Corporate Sosial Responsibility PT KAI. Marching Band Locomotive PT KAI terdiri dari para pegwai PT KAI dan masyarakat umum yang ingin berkreasi di bidang kesenian.


KA Jayabaya Diberangkatkan Dari Stasiun Pasar Senen

Tanggal Publikasi : 20.10.2014 00:00:00

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) terus berkembang mengikuti perkembangan. Berbagai inovasi dilakukan oleh PT KAI untuk menciptakan pelayanan terbaik, salah satunya adalah penambahan KA baru, dan penambahan jalur baru. PT KAI secara resmi memberangkatkan 1 rangkaian KA Jayabaya kelas ekonomi AC relasi Pasar Senen-Malang PP Jakarta (18/10).


PT KAI mendapatkan The Third Champion of Indonesia Best Company in Creating Leaders from Within 2014

Tanggal Publikasi : 17.10.2014 00:00:00

Kemajuan dan keberlanjutan bisnis suatu perusahaan ditopang oleh strategi dan produktifitas yang baik. Untuk mencapai itu dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkarakter dan berjiwa pemimpin. Bukan hanya memimpin orang lain saja, tetapi juga memimpin dirinya sendiri untuk terus konsisten memegang aturan dan regulasi. Selain itu peran serta SDM memegang peranan penting untuk terus menumbuh kembangkan perusahaan agar mampu bersaing dengan perkembangan zaman.


Website PT KAI Raih 2 Penghargaan

Tanggal Publikasi : 16.10.2014 00:00:00

Website atau portal merupakan salah satu instrumen penting dalam pengembangan perusahaan. Perannya sebagai ujung tombak untuk menginformasikan produk atau jasa perusahaan kepada khalayak umum adalah salah satu fungsi utama. PT KAI, juga terus menerus mengembangkan websitenya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa dengan mengikuti perkembangan teknologi terkini.




PT KAI Luncurkan KA Jayabaya Rute Malang-Surabaya-Pasarsenen

Tanggal Publikasi : 18.10.2014 00:00:00

Sabtu, 18 Oktober 2014, PT KAI (Persero) kembali meluncurkan produk terbarunya KA Jayabaya kelas ekonomi relasi Pasar Senen - Malang PP. Peluncuran KA ini untuk menjawab permintaan masyarakat yang cukup tinggi, khususnya untuk relasi Jakarta - Malang PP yang selama ini hanya dilayani oleh 4 KA yaitu KA Matarmaja, KA Majapahit untuk kelas ekonomi dan KA Gajayana dan Bima untuk kelas Eksekutif.


Beli Tiket Kereta Api, Cashback 28.000

Tanggal Publikasi : 13.10.2014 00:00:00

Pembelian tiket kereta api yang kian mudah juga didukung dengan pembayarannya yang juga mudah. DOKU Wallet menjawab kemudahan transaksi pembayaran tiket kereta api yang tidak lagi dengan tunai atau credit card. Hal ini juga didukung program promo PT. Kereta Api Indonesia dalam menyambut hari Sumpah Pemuda, yaitu dengan cashback Rp 28.000,- apabila melakukan transaksi menggunakan DOKU Wallet.


TAHUN 2015, PSO AKAN DIALIHKAN KE KA LOKAL DAN KOMUTER

Tanggal Publikasi : 30.09.2014 00:00:00

Terhitung tanggal 1 Januari 2015, pemerintah akan mengeluarkan kebijakan terkait pengalihan Public Service Obligation (PSO)/subsidi untuk KA–KA Ekonomi jarak jauh dan jarak sedang ke KA lokal dan komuter. Kebijakan ini dikeluarkan agar subsidi dari pemerintah tepat sasaran bagi pengguna jasa kereta api. Kebijakan tersebut didasari dari hasil evaluasi Dirjenka yang terus mengevaluasi pemberian subsidi untuk KA ekonomi jarak jauh dan jarak sedang.


PT KAI HIDUPKAN KEMBALI LOK UAP B.5112

Tanggal Publikasi : 28.09.2014 00:00:00

PT KAI melalui unit Conservation, Maintenance & Architecture Design kembali menunjukkan prestasinya. Kali ini unit yang menangani pelestarian benda dan bangunan serta perawatan bangunan stasiun dan pengembangan desain arsitektur di lingkungan PT KAI ini berhasil melestarikan melalui proses restorasi dengan menyalakan kembali salah satu lokomotif uap pabrikan Hanomag Hanover seri SS600 buatan tahun 1900 yang bernomor seri B.5112.


HUT KERETA API KE-69, TAK BERHENTI TOREHKAN PRESTASI

Tanggal Publikasi : 28.09.2014 00:00:00

Tanggal 28 September 2014, insan perkeretaapian Indonesia memperingati 69 tahun peristiwa pengambilalihan kekuasaan perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa yang juga diperingati sebagai hari jadi kereta api Indonesia ini dirayakan dengan menyelenggarakan upacara di Pusat Pendidikan & Pelatihan PT KAI, Jalan Laswi No.23 Bandung, dengan Komisaris Utama PT KAI, Iman Haryatna, sebagai pembina upacara. Seremoni perayaan HUT KA ke-69 yang mengusung tema “Kita Wujudkan Kesinambungan Transformasi Kereta Api untuk Indonesia yang Lebih Baik” ini dihadiri oleh pejabat dari Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemprov Jawa Barat, dan Pemkot Bandung.




KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK (KIP) PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO)

Tanggal Publikasi : 25.11.2013 09:50:06

Selamat datang di sarana Keterbukaan Informasi Publik online PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO)

Sarana ini disediakan sebagai pelayanan informasi publik sesuai dengan amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang berlaku efektif terhitung sejak tanggal 1 Mei 2010.


IMPLEMENTASI KIP

Tanggal Publikasi : 25.11.2013 09:50:05

Pada 1 Mei 2010, pemerintah mulai melaksanakan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). UU KIP ini diberlakukan setelah 2 tahun disahkan oleh Presiden RI, tepatnya 30 April 2008. Undang-Undang ini diharapkan dapat mewujudkan keterbukaan informasi publik sebagai bagian dari program Good Governance.

UU Nomor 14 tahun 2008 menjamin hak setiap warga negara untuk memperoleh informasi publik. Badan Publik sebagai penyelenggara negara berkewajiban untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Badan Publik yang dimaksud adalah Lembaga Negara, baik eksekutif, legislatif, yudikatif, dan lainnya, serta lembaga non-pemerintah yang sebagian maupun seluruh dananya berasal dari APBN/ APBD,sumbangan masyarakat dan/atau luar negeri. Dalam hal ini, termasuk LSM maupun partai politik. Badan Publik berhak menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan berhak menolak memberikan informasi publik apabila tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Untuk mewujudkan pelayanan cepat, tepat dan sederhana setiap badan publik menunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumen (PPID).

PT KERETA API INDONESIA (Persero) sebagai salah satu badan publik telah membentuk dan menetapkan PPID adalah Manager Public Information Care/ Manajer Informasi  Masyarakat yang disebut ESPP dibawah VP Public Relations disebut ESP dengan surat keputusan Direksi No. Kep.U/OT.003/VI/3/KA-2010 dan juga menetapkan Standar Prosedur Operasional KIP di Lingkungan PT. KERETA API INDONESIA (Persero) dengan Surat Keputusan Direksi No. Kep.U/HK.003/XII/1/KA-2010.

Untuk memenuhi dan melayani permintaan dan kebutuhan pemohon/pengguna informasi publik, PT. KERETA API INDONESIA (Persero) selain melakukan layanan langsung juga mengembangkan sarana keterbukaan informasi publik online yang dapat diakses melalui website : www.kereta-api.co.id; email : kip@kereta-api.co.id; surat menyurat dapat dialamatkan ke ESPP Kantor Pusat PT. KERETA API INDONESIA (Persero) Jl. Perintis Kemerdekaan No. 1 Bandung.

Pelayanan kebutuhan informasi publik di Daerah Operasi/Divisi Regional/ Sub Divisi Regional dilayani oleh Manager Humas Daerah Operasional/Divisi Regional/ Sub Divisi Regional sebagai PPID Daerah


Daftar informasi Yang Ada Di PT KAI

Tanggal Publikasi : 25.11.2013 09:50:04
1 Profil perusahaan dan manajemen, struktur organisasi, susunan pemegang saham, dewan komisaris dan jajaran direksi
2 Uraian ringkasan kegiatan/program yang telah dan yang akan dilaksanakan perusahaan
3 Program CSR dan/atau PKBL, dan laporan CSR yang telah diaudit
4 Rekrutmen pegawai baru
5 Informasi tentang hak dan tata cara memperoleh informasi serta pengajuan keberatannya, dan mekanisme mengajukan keberatan
6 Ringkasan laporan akses informasi publik
7 Peraturan, ketentuan dan/atau kebijakan perusahaan yang berkaitan dengan publik
8 Informasi tentang rencana pengadaan barang/jasa di perusahaan
9 Kegiatan penugasan pemerintah (PSO)
10 Informasi tentang prosedur keselamatan kerja dan keselamatan perjalanan KA
11 Kinerja Angkutan Penumpang (Volume, Pnp-Km/ton-Km, KM-KA, KM-Lok, KM_TD)
12 Kinerja Angkutan Barang (Volume, Pnp-Km/ton-Km, KM-KA, KM-Lok, KM_TD)
13 Kinerja Operasional (Kelambatan dan ketepatan KA, WPG, Lok mogok, Gangguan sintelis, Taspat, PL/PLH)
14 Laporan Kinerja Keuangan, L/R dan Neraca serta daftar asset dan investasi yang dimiliki secara umum
15 Kekuatan alat produksi
  a. Jalan rel dan jembatan
  b. Sintelis
  c. Sarana
  d. Sumber daya manusia
16 Laporan pembayaran pajak
17 Kasus hukum yang telah berkekuatan hukum tetap

Mekanisme Permohonan Informasi

Tanggal Publikasi : 25.11.2013 09:50:03
1. Pemohon Informasi publik mengajukan permintaan informasi kepada PPID yaitu Manager Public Information Care (ESPP) atau HUMAS Daerah, baik langsung secara lisan maupun melalui surat menyurat dan email. Mengisi formulir permohonan informasi dengan melampirkan Foto copy ID pemohon
2. ESPP/HUMAS Daerah memberikan bukti penerimaan permohonan informasi publik kepada pemohon informasi
3. ESPP/Humas Daerah memproses permintaan pemohon informasi publik sesuai dengan formulir permohonan informasi yang telah ditandatangan oleh pemohon
4. ESPP/Humas Daerah menyerahkan informasi sesuai yang diminta oleh pemohon informasi, jika informasi termasuk  kategori yang dikecualikan, ESPP menyampaikan alasan penolakannya sesuai peraturan yang berlaku
5. Penyampaian pemberitahuan tertulis kepada Pemohon Informasi Publik, paling lambat 10 (sepuluh)  hari kerja sejak diterimanya permintaan

Pengajuan Keberatan

Tanggal Publikasi : 25.11.2013 09:50:01

Pemohon Informasi Publik berhak mengajukan keberatan dalam hal ditemukannya alasan sebagai berikut :

1. Penolakan atas permohonan Informasi Publik sebagaimana dimaksud dalam Ps 17 UUKIP.
2. Tidak disediakannya informasi berkala sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 UU KIP.
3. Tidak ditanggapinya permohonan Informasi.
4. Permohonan Informasi ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta.
5. Tidak dipenuhinya permohonan Informasi.
6. Pengenaan Biaya yang tidak wajar, dan/atau
7. Penyampaian Informasi yang melebihi waktu.

 

Keberatan diajukan dalam jangka waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja dan ditujukan kepada :

1. Atasan ESPP yaitu ESP (VP Public Relations) dan/atau
2. Atasan PPID Daerah yaitu Kepala Daerah Operasi/ Kepala Divisi Regional/ Kepala Sub Divisi Regional

 

Tanggapan Atasan PPID/PPID Daerah atas keberatan Pemohon Informasi Publik diberikan paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sejak diterimanya keberatan secara tertulis.




REKRUTMEN PRAMUGARI KERETA API PT RESKA MULTI USAHA TAHUN 2014

Tanggal Publikasi : 24.05.2014 00:00:00

PT. Reska Multi Usaha adalah salah satu Anak Perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang bergerak dalam bidang usaha Restorasi (Restoran), Catering, Parking, & General Trading. Kami membuka kesempatan bagi putri-putri Indonesia untuk berkarir sebagai Pramugari Kereta Api dengan penghasilan yang menarik.


REKRUTMEN EKSTERNAL KHUSUS TINGKAT D.III/S1/S2 TAHUN 2014 PT. RESKA MULTI USAHA

Tanggal Publikasi : 17.03.2014 08:53:56

PT. Reska Multi Usaha adalah salah satu Anak Perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang bergerak dalam bidang usaha Restorasi (Restoran), Catering, Parking, Cleaning Service, & General Trading, mencari individu-individu berbakat, berintegritas, kompeten dan memiliki potensi untuk memberikan ide, kreativitas, inovasi serta bersedia untuk bersama-sama memajukan bisnis Perusahaan.


PERSYARATAN DAN KRITERIA REKRUTMEN EKSTERNAL KHUSUS TEKNIK SIPIL TINGKAT D3/S1 YANG BEKERJA SAMA DENGAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOVEMBER DI LINGKUNGAN PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) TAHUN 2013

Tanggal Publikasi : 11.10.2013 19:45:00

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi terbesar di Indonesia, yang mengutamakan profesionalisme dan kinerja, memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik Indonesia untuk berkarier dengan persyaratan dan kriteria sebagai berikut :


PERSYARATAN DAN KRITERIA REKRUTMEN UNTUK MASINIS TINGKAT SLTA TAHUN 2013

Tanggal Publikasi : 29.05.2013 11:50:21

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi terbesar di Indonesia, yang mengutamakan profesionalisme dan kinerja, memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik Indonesia untuk berkarier dan membangun perusahaan. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mengadakan rekrutmen untuk masinis tingkat SLTA tahun 2013 dengan persyaratan dan kriteria sebagai berikut :


PERSYARATAN DAN KRITERIA REKRUTMEN EKSTERNAL KHUSUS AKUNTANSI BERPENGALAMAN TINGKAT S1/S2 TAHUN 2013

Tanggal Publikasi : 10.05.2013 14:55:21

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi terbesar di Indonesia, yang mengutamakan profesionalisme dan kinerja, saat ini membutuhkan tenaga profesional yang berintegritas tinggi untuk ditempatkan sebagai tenaga ahli Setingkat Staf Madya (Manager) bidang Akuntansi dengan kualifikasi sebagai berikut :




Galeri Foto

Koleksi Gambar & Foto Perkeretaapian



Jadwal dan Pesan Tiket