Informasi Media

Pusat Informasi dan Berita KA

Kios Di Stasiun Bekasi Dibongkar Sendiri Oleh Penyewanya

Tanggal Publish : 19 Jan 2013 19:46:53

118 Kios yang berada tersebar di lahan sekitar Stasiun Bekasi, dibongkar sendiri oleh penyewanya. Pada lahan seluas 9000 m2, yang berada di sebelah Selatan dan Utara Stasiun, para pedagang membereskan barang dagangannya sendiri dibantu oleh warga sekitar. Setelah itu, mereka membongkar bangunan kios dibantu oleh Petugas dari PT. Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) yang terdiri dari Security, Polsuska dan para Kepala Stasiun (KS) di Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta. Nantinya, lahan tersebut akan dioptimalkan untuk lahan parkir kendaraan bermotor bagi penumpang KRL dari Bekasi.

Petugas dari PT. KAI, berusaha membongkar kios-kios di Utara Stasiun Bekasi yang sebagian besar berupa bangunan permanen.

Seperti yang dijelaskan oleh Deputy Executive Vice President PT. KAI Daop 1 Jakarta, Dwiyana Slamet Riyadi, para penyewa kios yang telah habis masa kontraknya dengan PT. KAI membereskan sendiri kios-kios mereka dengan sukarela. Setelah pihaknya memberikan pemberitahuan secara tertulis kepada masing-masing penyewa. "Kami memberikan surat tertulis kepada mereka untuk segera mengosongkan kios yang mereka sewa dengan batas waktu 19 Januari 2013. Alhamdulillah, mereka membereskan sendiri kiosnya sebelum tenggat waktu yang kami berikan," ujar Dwiyana di Stasiun Bekasi, Sabtu (19/1).

"Hari ini kami hanya membersihkan dan membereskan kios-kios yang masih berdiri. Semalam, di sebelah Selatan Stasiun sudah dibongkar dikarenakan bangunannya semi permanen," jelas Dwiyana. Ditambahkannya, kios-kios yang berada di sebelah Utara, dikarenakan bangunannya permanen, dibutuhkan waktu sehari. "Dikarenakan bangunan kios di sebelah Utara ini sebagian besar bangunan permanen, kami menerjunkan 150 orang teman-teman yang terdiri dari para KS, Polsuska, dan Sekuriti. Semoga dalam sehari ini, semua kios sudah rata," tambah Dwiyana.


Para penyewa kios di lahan yang berada di Utara dan Selatan Stasiun Bekasi, membereskan dagangan mereka dibantu oleh warga sekitar.

Dwiyana pun mengakui, terdapat beberapa kios yang belum selesai masa kontraknya. Pihaknya pun siap memberikan kompensasi kepada penyewa yang belum selesai masa kontraknya. "Kami pun sudah siap memberikan kompensasi kepada penyewa kios yang belum selesai masa kontraknya," tutup Dwiyana. (Humaska)

TOP